Gerakan Menuju 100 Smart City, Konsisten Jalankan Pembangunan Berbasis Inovasi dan Teknologi

By Dionysia Mayang Rintani, Kamis, 14 November 2019 | 18:55 WIB
Gerakan Menuju 100 Smart City, Konsisten Jalankan Pembangunan Berbasis Inovasi dan Teknologi, Konsisten Jalankan Pembangunan Berbasis Inovasi dan Teknologi (Gerakan Menuju 100 Smart City)

 

NOVA.id – Berbekal rencana induk (master plan) pembangunan berbasis inovasi dan teknologi, Gerakan Menuju 100 Smart City kini telah membimbing 100 kota/kabupaten.

Diharapkan nantinya kesemua kota/kabupaten ini bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus memanfaatkan potensi di daerahnya dengan cara yang cerdas dan inovatif.

Gerakan Menuju 100 Smart City sendiri adalah gerakan yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika dan didukung oleh Departemen Dalam Negeri, Bappenas, Kementerian PUPR, Kantor Staf Kepresidenan, Departemen Keuangan, serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Empat Strategi Jitu Wujudkan Smart City yang Diterapkan Kemendagri

Selama periode ini berlangsung sejak 2017 hingga 2019, pemerintah memilih 100 kota/kabupaten untuk dibimbing membuat rencana induk berdasarkan tantangan sekaligus potensi di daerah masing-masing.

Setelah memiliki master plan, 100 kota/kabupaten terpilih diharapkan dapat secara konsisten menjalankan program tersebut.

Tak hanya untuk meningkatkan pelayanan masyarakat di daerah masing-masing, kota/kabupaten yang telah mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City diharapkan bisa menjadi referensi bagi pemerintah daerah lainnya.

Baca Juga: Gerakan Menuju 100 Smart City Resmi Melaju Setelah Melengkapi Formasi