Entrepreuners of Modest Fashion Temukan Potensi Besar di Jawa Barat

By Tentry Yudvi Dian Utami, Jumat, 27 Desember 2019 | 20:00 WIB
Entrepreuners of Modest Fashion Temukan Potensi Besar di Jawa Barat ()

NOVA.id - Entrepreuners of Modest Fashion (EOMF) yang merupakan komunitas asuhan #Markamarie hadir di acara Matahari Female Week 2019 pada awal Desember lalu di Cilandak Town Square- Jakarta.

EOMF adalah kumpulan pengusaha yang bergerak di industri modest fashion dari pengusaha tekstil, manufaktur, aksesoris hingga pengusaha penyedia jasa kreatif.

Keikutsertaan EOMF pada acara ini merupakan salah satu janji #Markamarie (yang digawangi Franka Soeria) yang berkomitmen membuka akses lebih baik bagi desainer dari luar Jakarta.

Baca Juga: Nudie Jeans Hadirkan Jeans Ramah Lingkungan Tanpa Perlu Takut Bosan

()

"Masyarakat perlu lebih mengenal potensi brand dari daerah. EOMF Jawa Barat memiliki banyak pengusaha fashion berbakat yang layak diberi kesempatan lebih luas. Kesempatan yang baik untuk semua akan membawa banyak dampak positif bagi perkembangan industri fashion," ujar Franka Soeria.

Brand- brand yang berpatisipasi di acara Matahari Female Week dalam bentuk trunkshow adalah Rumah Oena, Gunardia's Boutique, Elsandi, Mela Technotic, Pyukanau, Els' Signature, CYA, Faz dan Niebel.

Mereka menampilkan berbagai desain menarik dari etnik, urban hingga syari. Trunkshow tersebut sukses memikat pengunjung Cilandak Town Square.

Baca Juga: Berkolaborasi dengan Day and Night, Klook Usung Tema Forever Friendship

Di acara Matahari Female Week yang digelar tanggal 7-9 Desember ini, EOMF yang didirikan oleh Hanny Lovelly, Mien Adhi Moestafa, Hesty Widia dan Zuebarqa by Benz ini juga tampil dalam talkshow "The Amazing Fashion Potential of West Java".

Talkshow ini mengungkapkan perkembangan bisnis modest fashion di daerah tersebut.

“Pengusaha di Jawa Barat memiliki desain yang beda dibandingkan daerah lainnya. Banyak potensi-potensi besar di daerah yang bisa dikembangkan,” jelas Hanny Lovelly.

EOMF dibawah asuhan #Markamarie memang aktif memberikan pelatihan bagi pengusaha fashion dari mulai mengelola kain daerah, pemakaian tekstil lokal, hingga strategi bisnis online, bersinergi dengan semua pihak agar kita bisa terus maju hingga pasar global.

Baca Juga: Dapat Komentar dari Mayangsari, Begini Anggunnya Bella Saphira Gunakan Kebaya dan Batik Motif Sekar Jagad

Kita semakin terpacu untuk meningkatkan kreatifitas, karena kita mendapatkan kekuatan saat melakukan ini bersama-sama,” pungkas Hanny.

Dari pelatihan yang diikut EOMF tersebut, mereka juga mendapatkan ilmu baru terkait tren 2020 mendatang.

Tak hanya warna, melainkan pemakaian bahan-bahan sustainable fashion yang nantinya akan banyak digandrungi segala lapis pencinta fashion.

Baca Juga: Sambut Hari Ibu, Jenahara Buktikan Cintanya Pada Ibunda Lewat Scraf

Iva Latifah dari IPBM (Ikatan Perancang Busana Muslim) yang juga ikutan bergabung di EOMF, mengatakan jika sebagai pengusaha mereka juga punya tanggung jawab untuk menjaga lingkungan dan menyayangi bumi.

“Kita banyak belajar untuk membuat pakaian yang bahannya bisa dipakai dalam jangan panjang, berkelanjutan. Enggak dari bahan-bahan mengandung plastik. Jadi gimana caranya bisa melakukan recycle,” jelasnya.

Selain EOMF, Matahari Female Week juga menghadirkan banyak event lainnya yaitu fashion show dari brand ekslusif Matahari yaitu Geela, 3H, Cardinal Femme, Simplicity, Expand, Puricia, Morphidae, Come dan Minimal.

Baca Juga: Tren 2020: Fashion Berkelas Itu Tampil Gaya Tanpa Cemari Lingkungan

Berbagai aktivitas lain juga digelar dari talkshow bersama bintang unggulan program Modest Fashion Founders Fund; Swimsweets, Emphaty, Sayee, Hannie Hananto, Neera Alatas, WAD Studio dan Luluk Marla hingga workshop bersama Silky Girl.

Nofi Wahyuni- Brand Manager Ladies CV dari Matahari Dept Store turut berkomentar, "Ini pertama kalinya Matahari Dept Store mengadakan event exclusive ladies dari apparel, cosmetics , shoes dan intimate dgn melakukan activity dimulai dari fashion show, talkshow dan workshops full selama 2 hari. Acara ini memadukan segala sesuatu yang berkaitan dengan wanita dari produk fashion hingga beauty. Kehadiran brand eksklusif Matahari dan para desainer EOMF ini memberikan warna tersendiri bagi Matahari Female Week,".

Ke depannya diharapkan akan semakin banyak desainer daerah yang mendapatkan kesempatan untuk tampil dan dikenal lebih luas secara publik. #Markamarie dan EOMF akan berkerjasama dengan lebih banyak pihak untuk mewujudkan hal ini.(*)