Waspada, Bermain Ponsel Sebelum Tidur Bisa Picu Gangguan Serius

By Nova.id, Sabtu, 18 Januari 2020 | 22:00 WIB
Waspada, Bermain Ponsel Sebelum Tidur Bisa Picu Gangguan Serius (istock)

NOVA.id –  Banyak dari kita yang sulit lepas dari telepon genggam, sejak membuka mata di pagi hari hingga sebelum tidur, layar ponsel selalu menjadi benda yang paling sering dipandangi.

Apalagi, momen sebelum tidur adalah momen terbaik untuk melihat media sosial, maka tak heran kebiasaan ini terbawa hingga menjelang tidur.

Nah, terkait dengan hal ini, para ahli dan sejumlah penelitian kesehatan mengungkapkan, kebiasaan seperti ini ternyata dapat membahayakan kesehatan lo Sahabat NOVA.

Baca Juga: Hindari 6 Kebiasaan Menggunakan Ponsel Ini karena Bisa Merusak Hubungan

Meski kita menganggap memeriksa pesan dan berselancar di media sosial dapat membantu lebih cepat tidur, nyatanya menggunakan ponsel di malam hari akan berdampak negatif.

Contohnya kesehatan mata kita berpotensi terkena imbasnya, sebab cahaya biru yang dipancarkan ponsel sangat tajam pada malam hari.

Cahaya itu bukan hanya memengaruhi pengelihatan lo, tapi juga memengaruhi produksi hormon melatonin yang bertanggung jawab untuk tidur.

Seperti yang dikutip dari boldsky.com, berikut 4 risiko yang dapat terjadi ketika kita main ponsel sebelum tidur.

Baca Juga: Maia Estianty 2 Kali Ketipu Oknum Ojol, Awalnya Saldo Gopay Raib hingga Driver Retas Data Ponsel: Aku Pernah Kehilangan Lebih Besar!