Ditolak Bercinta dengan Pasangan? Jangan Sedih, Mungkin Ini 4 Alasan Pria Tak Mau Berhubungan Intim

By Alsabrina, Senin, 3 Februari 2020 | 23:00 WIB
Alasan pria malas bercinta (iStockphoto)

NOVA.id - Sejuta pertanyaan mungkin mondar-mandir di benak begitu suami menolak ajakan untuk berhubungan intim. Jangan panik dulu.

Gairah seks yang menurun sebenarnya wajar saja dan tidak selalu menjadi akibat dari penyakit atau gangguan seks tertentu, seperti disfungsi ereksi (impotensi) contohnya.

Berkurangnya minat seks lebih mungkin terjadi apabila pasangan sudah sangat terbiasa hidup bersama dalam jangka panjang.

Berikut beberapa penyebab paling umum mengapa pria menolak berhubungan seks.

Baca Juga: Berkaca dari Kisah Pernikahan 12 Hari, Lakukan Ini agar Tak Terjadi pada Kita

1. Kecapekan

Ya. Kecapekan adalah alasan utama dan yang paling umum kenapa banyak pria memutuskan untuk absen dulu bermain di ranjang.

Terlebih, seks merupakan aktivitas fisik yang memerlukan banyak tenaga dan membakar banyak energi—bahkan hampir sama dengan berolahraga.

Tubuh lelah adalah pertanda bahwa orang membutuhkan istirahat.

Itu sebabnya setelah beraktivitas seharian, biasanya pria jadi lebih gampang mengantuk dan memilih untuk langsung tidur daripada bercinta.

Baca Juga: Pasangan Teringat Masa Lalu? Ini 2 Cara Jitu Supaya Gampang Move On

Pasalnya, kecapekan berat justru bisa bikin makin sulit tidur sehingga malah makin membuat loyo tubuh di keesokan harinya.

Yang dapat dilakukan: Jika pasangan sedang benar-benar kelelahan, sebaiknya jangan paksa dirinya untuk bercinta.

Jadwalkan hubungan seks di lain hari. Apabila ia terus-menerus merasa kelelahan tanpa sebab, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk menemukan penyebab pastinya.

Baca Juga: 5 Fantasi Seksual Pria agar Hubungan Intim Semakin Bergairah, Coba yuk!