Tetap Produktif di Rumah Selama Masa Pandemi, Lakukan 7 Tips Berikut

By Sheila Respati, Rabu, 22 April 2020 | 13:05 WIB
Ilustrasi aktivitas untuk mengisi waktu di rumah. (Shutterstock)

NOVA.id - Selama mengikuti imbauan dari pemerintah untuk beraktivitas dari rumah saja saat pandemi seperti sekarang ini, hampir semua aktivitas dilakukan di rumah. Salah satunya bekerja.

Banyak perusahaan di kota besar, seperti Jakarta, pun mewajibkan karyawannya untuk bekerja dari rumah. Hal ini merupakan langkah nyata untuk menghentikan penyebaran virus yang sedang mewabah.

Bekerja dari rumah atau work for home (WFH) awalnya memang menyenangkan, khususnya bagi Anda yang setiap harinya bekerja di kantor. Bekerja sambil bersantai di kamar tanpa harus mengenakan make up membuat Anda terasa lebih nyaman dan bebas.

Namun, jika dilakukan lebih dari dua minggu, tak bisa ditampik rasa bosan pun akan melanda. Setiap harinya, Anda melakukan rutinitas yang sama di tempat yang sama.

Baca Juga: Work From Home Tidak Efektif? 5 Langkah Ini Bisa Buat Kerja di Rumah Lebih Nyaman

Kegiatan yang berulang tanpa variasi ini bisa dipastikan akan menimbulkan rasa bosan. Bahkan, tidak sedikit yang menjadi stres jika terlalu lama bekerja dari rumah.

Survei yang dilakukan oleh Airtasker pada 2019, mengatakan bahwa sebanyak 29 persen karyawan jarak jauh mengalami kesulitan dalam menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat. Hal ini dikarenakan garis antara pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka sangatlah tipis.

Tak berhenti di situ saja, dari survei yang sama ditemukan fakta bahwa 54 persen karyawan jarak jauh menjadi terlalu stres selama hari kerja dibandingkan dengan 49 persen karyawan kantor.

Rasa bosan dan stres bisa saja memengaruhi produktivitas dalam bekerja. Sebelum hal tersebut terjadi, sudah seharunya Anda mengubah pola pikir dan kebiasaan agar tetap produktif walau berada di rumah.

Baca Juga: Kerja dari Rumah Justru Buat Stres dan Panik? Simak Tips Ini untuk Tetap Produktif Sekaligus Jaga Kesehatan Mental

Mury Kuswari selaku Kepala Asosiasi Nutrisions Olahraga dan Kebugaran Indonesia bersama Indomilk mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat sesuai dengan kampanye #INDOsehatdenganMilk.

Beberapa tips berikut bisa diikuti supaya Anda tetap produktif dan bebas stres saat WFH.