Pintar Atur Uang di Masa New Normal, Bisnis Frozen Food: Irit Modal, Datangkan Omzet Jutaan

By Siti Sarah Nurhayati,Maria Ermilinda Hayon, Kamis, 18 Juni 2020 | 08:00 WIB
Bisnis Frozen Food Saat New Normal, Irit Modal, Datangkan Omzet Jutaan (Istock )

NOVA.id - Selama work from home dan di rumah saja, siapa sih yang enggak menaruh frozen food di freezer kulkasnya?

Sekali-dua kali, kita juga pasti pernah mengonsumsi makanan cepat saji ini di rumah, bukan?

Kenyatannya frozen food saat ini memang menjadi primadona.

Baca Juga: Buka Usaha Saat Covid-19 Melanda, Mungkinkah Memulai Berbisnis di Tengah Pandemi Corona Bisa Sukses? 

Sehingga pas bila kita memilih olahan makanan beku ini untuk usaha kita.

Modalnya bisa hanya ratusan ribu rupiah saja untuk bahan pangannya.

Jangan langsung mulai dengan berbagai olahan, cukup buat satu menu frozen food terlebih dahulu dan cari formula yang tepat untuk resepnya, misalnya, yang saat ini cukup digemari yaitu dimsum.

Baca Juga: Bisnis Masker Saat Pandemi Corona, Jual Keunikan Raih Keuntungan! Begini Cara Jualannya

Resepnya bisa menilik akun youtube Aza Kitchen, yang membagikan resep dan modal usaha awal untuk membuka usaha frozen food 2015 silam.

Dengan modal bahan baku Rp500.000, kini ia bisa mendapatkan pemasukan jutaan rupiah dari satu menu makanan saja.

Bahan baku yang digunakan juga cukup mudah.

Baca Juga: Ide Bisnis New Normal: Reseller Hand Sanitizer Bisa Dapat Omzet Rp300 Juta Per Bulan! 

Terdiri dari ayam, wortel, daun bawang, jamur, kulit dimsum, saus tiram, minyak wijen, kecap ikan, tepung tapioka, kaldu, gula, garam.

Untuk pembuatannya sendiri bisa mengandalkan kompor, wajan, juga kulkas yang biasanya sudah kita miliki di rumah.

Setelah diolah, dimsum bisa langsung dikemas dengan menggunakan plastik kedap udara agar bisa didistribusikan ke beberapa tempat terdekat.

Baca Juga: 4 Bisnis yang Laris di Tengah Pandemi Corona, Salah Satunya Masker

Infografis: Langkah Lebarkan Peluang Bisnis Makanan Lewat GoFood dan GrabFood. (NOVA)

Untuk harga, kita bisa menghitung melalui modal dari bahan baku ditambah 20 persen untuk keuntungan.

Kita juga bisa mengikuti jejaknya Rahmi, founder Samara Frozen, yang memulai bisnis rumahan dengan 3 karyawan pada 2014 silam dengan modal Rp60 juta untuk pembangunan dapur.

Tahun pertama pendapatannya sudah mencapai Rp10 juta per bulan, sekarang ia bisa mengantongi pendapatan berkisar Rp100 juta-Rp130 juta per bulan dengan 14 karyawan.

Baca Juga: Perempuan Bisa Sukses Atur Bisnis dan Raup Penghasilan, Asalkan Kuasai Ini 

Namun, ada beberapa hal juga yang mesti diperhatikan saat akan membuka usaha frozen food.

Karena sifat makanan frozen gampang sekali “layu sebelum waktunya” banyak hal mendasar yang perlu diketahui, apalagi di tengah kondisi pandemi ini.

Pastikan pembuatannya mengikuti prosedur sesuai standar, dengan menggunakan bahan baku yang fresh, menjaga kebersihan dapur, menutup kepala dengan hair clip, menggunakan sarung tangan plastik, dan penutup mulut.

Baca Juga: Di Masa Pandemi, Ayo Belajar Digital Marketing Agar Sukses Berwirausaha

 

Pastikan saat bekerja kita menggunakan pakaian yang bersih (jangan pakaian yang habis kita pakai ke luar).

Jangan sampai ada kotoran yang menempel di alat memasak atau dapur tempat memasaknya.

Setelah selesai memasak, pastikan untuk mencuci alat hingga bersih dan meletakkannya di tempat yang aman.

Baca Juga: Pintar Atur Uang ala Anisa Fanisachic, Blusukan dan Jeli Lihat Peluang Demi Bisnis

Jangan mentang-mentang bisnis rumah lantas kita jadi mengabaikan, ya!

Untuk penjualan, kita bisa memanfaat platform media digital untuk pemasaran dengan jangkauan yang lebih luas, atau bisa juga melalui orang terdekat terlebih dahulu.

Bagaimana, sekarang sudah siap?

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)