NOVA.id – Masih terus berkembang, social network marketing atau direct selling terbukti dalam berbagai riset dianggap ramah bagi kalangan perempuan.
Hal serupa juga bisa dilihat lewat kiprah High Desert International (HDI) di Indonesia.
Perusahaan social network marketing penyedia produk-produk kesehatan berbasis hasil perlebahan dan madu yang efektif bagi kehidupan modern yang dinamis ini telah eksis selama 30 tahun di Indonesia dan mencatat partisipasi perempuan hingga 73,39% sebagai enterpriser(sebutan untuk member HDI).
Baca Juga: Biodata Jakob Oetama, Wartawan Senior Sekaligus Pendiri Kompas Gramedia Group
Posisi manajemen diisi 37,2% SDM perempuan yang menduduki posisi-posisi pimpinan paling strategis, mulai dari Key Leader Regional Marketing, Key Leader Regional Coordinator, Key Leader Operations, Key Leader Sales dan Marketing, dan jajaran Management lainnya.
Lewat keterangan tertulis, Key Leader Sales dan Marketing HDI Ellen Suwardimengakui filosofi inti yang menggerakan perusahaan penjualan langsung memang dinilai praktis bagi kaum perempuan dalam hal struktur, maupun kemandirian di dunia kerja, bahkan dianggap sektor yang progresif.
“Tanpa investasi besar di awal untuk prasarana atau tenaga kerja, serta jam kerja yang fleksibel, penjualan langsung di HDI menjadikan kewirausahaan menjadi lebih menarik bagi perempuan yang ingin menjadi pengusaha paruh-waktu, atau bahkan purnawaktu,” jelas Ellen.
Dirinya melanjutkan, “Bisnis ini tidak hanya menarik bagi millennial moms yang masih muda, melainkan juga generasi yang lebih tua, karena memberikan kesetaraan kesempatan”.
Baca Juga: Mengenal Diniyah Nurmala Ayu tentang Perjuangan di Balik Keahliannya Merias Wajah