Rahasia Sukses Donat Bahagia, Jualan Resep 13 Tahun Sampai Untung Ratusan Juta

By Tentry Yudvi Dian Utami, Rabu, 7 Oktober 2020 | 21:30 WIB
Rahasia Sukses Donat Bahagia, Jualan Resep 13 Tahun Sampai Untung Ratusan Juta (DOK. DONAT BAHAGIA)

 

NOVA.idDonat telah menjadi camilan manis yang banyak disukai orang Indonesia.

Apalagi kalau donat yang kita makan punya banyak varian rasa, tentu bisa menggugah selera.

Tak heran, kalau banyak pelaku usaha donat jadi laris manis, di antaranya kakak beradik Novia Rahmadani, Meilinda, dan Dewi wulandari.

Mereka menjual donat kampung yang dinamakan Donat Bahagia.

Baca Juga: Tetap Semangat di Masa Pandemi, Dua Perempuan Ini Berbagi Kisah Inspiratif

Seperti namanya, donat yang dijual disebut-sebut bisa bikin bahagia karena kelezatan rasanya. 

“Kami menjual rasa yang beragam untuk donat ini, jarang ditemukan di tempat lain, dengan kualitas yang baik, tidak keras, begitu lembut saat dikunyah,” jelas Novia kepada NOVA lewat sambungan telepon. 

Saat ini, Donat Bahagia punya 85 varian rasa seperti donat gula anggur, dark choco melted, avocado choco melted, dancow, cocoa milky, nastar, oreo cheese cream, peanut butter, hingga donat isi.

Lalu, bagaimana Donat Bahagia bisa sampai disukai banyak orang?

Baca Juga: Inspirasi Bisnis Kuliner: Bandeng Rorod, Modal 10 Juta Omzet 6 Kalinya

Resep 13 Tahun

Kata Novia, awalnya dia dan dua saudarinya bukan menjual donat, melainkan dessert.

Namun, bisnis dessert yang sudah berjalan lima tahun di Bandung itu terpaksa harus tutup, karena sudah tidak ada pemasukan lagi. 

Ketiganya lalu berpikir untuk mencari bisnis makanan baru, yang sekiranya juga menguntungkan.

Kebetulan orangtua mereka distributor donat kampung di toko kelontong, yang sudah berjalan selama 13 tahun. Dari situlah, Novia dan kedua saudarinya memutuskan bisnis Donat Bahagia sejak 2018 lalu.

Baca Juga: Butuh Modal Usaha di Masa PSBB? Perhatikan Hal Ini saat Ajukan Pinjaman ke Fintech Lending

“Karena resepnya sudah 13 tahun, ya, kami jadi pakai resep keluarga itu. Cuma, kami tetap lakukan trial and error, biar menemukan rasa donat yang enggak keras, tapi lembut,” kata Novia. “Kami mulai jalan jualan di Instagram.”

Saat memulai bisnis, Novia menyebut bahwa ketiganya enggak punya modal. Karena dijual di Instagram lewat akun @officialdonat_bahagia dengan sistem pre order, sehingga bila ada pesanan, ya mereka baru membuat donat tersebut.

 Kata Novia,“Tapi setelah jalan sekitar tiga bulanan, banyak orang yang suka. Akhirnya kami memutuskan untuk stok. Karena (kemudian) jualannya enggak di Instagram aja, tapi sudah di Grab Food dan Go Food.”

Baca Juga: Bisnis Kuliner Rumahan Makin Hidup, Dapatkan Kesempatannya di Sania Exclusive Masterclass!

Donat Beku

Memang, Donat Bahagia ternyata menarik hati pecinta kuliner di Bandung. Dalam sebulan, mereka bisa menjual puluhan ribu donat.

“Kami jual dengan harga per pieces itu dari Rp2.500. Jadi kalau dihitung, kira-kira omzet kami sebulan itu sekitar Rp70 juta-Rp100 juta,” jelas Novia sambil menyebut tersedia juga paket satu boks dengan harga hingga Rp82.000.

Selain melayani penyuka donat di Bandung, Donat Bahagia bisa dibeli oleh kita yang ada di luar kota. Namun, untuk menjaga kualitas donat, pengiriman ke luar kota hanya tersedia untuk produk donat dalam bentuk frozen. 

Baca Juga: Ini 4 Cara Bikin Koten Viral di Media Sosial Biar Dagangan Laris Manis

“Jadi, untuk ke luar kota itu, kami jualnya donat beku. Resepnya tetap sama, tapi donatnya beku, sehingga pembeli tinggal goreng saja saat pengin santap donatnya. Terus ditaburkan topping-nya,” jelas Novia.

Soal promosi, Novia hanya mengandalkan promosi di Instagram ketimbang pakai influencer. Namun, mereka tetap menggunakan jasa food blogger di Bandung untuk membantu penjualan. 

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)