Merintis Usaha dari Hobi, Bagaimana Cara Memulainya?

By Fathia Yasmine, Kamis, 22 Oktober 2020 | 16:24 WIB
Ilustrasi usaha dari hobi (Dok. Shutterstock)

NOVA.id – Wabah Covid-19 yang merebak di Indonesia sejak Maret, memberi dampak pada perekonomian masyarakat. Pelemahan ekonomi terjadi akibat menurunnya daya beli masyarakat dan rendahnya kepercayaan investasi.

Akibat situasi ekonomi yang tidak menentu, banyak orang yang mengalami penurunan pendapatan atau kehilangan sumber mata pencaharian.

Banyak dari mereka harus merasakan pahitnya pemotongan hubungan kerja (PHK) hingga dirumahkan tanpa menerima upah.

Survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada Mei 2020 menyebut, dari 1.112 pekerja yang menjadi responden, 65 persennya mengalami dampak dari pandemi, diantaranya yaitu terpaksa bekerja dari rumah dan mengalami penurunan pendapatan.

Baca Juga: Hati-Hati, Ternyata 5 Makanan Sehat Ini Bisa Berbahaya untuk Tubuh Kita

Sedangkan, sebanyak 15 persen pekerja lainnya mengalami PHK tanpa pesangon.

Berdasarkan survei yang dilakukan Jobstreet diketahui bahwa 43 persen pekerja mengalami pemotongan gaji. Besaran pemotongan mencapai 30 persen dari total gaji yang diterima.

Di sisi lain, 54 persen lainnya mengaku telah diberhentikan secara permanen atau dirumahkan sementara.

Mirisnya, para pekerja juga memiliki keluarga yang perlu dinafkahi. Istilahnya dapur harus tetap ngebul, sehingga berbagai cara menekan pengeluaran dilakukan.

Baca Juga: Beli Tanaman Janda Bolong Sekarang, Bakalan Rugi Enggak Ya?

Kondisi ini tentu tak bisa terus diratapi. Selain waktu terus berjalan, berpangku tangan pun tak akan memperbaiki situasi. Lebih baik cari peluang untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan cara yang mudah. Salah satunya dengan memanfaatkan skill maupun hobi yang Sahabat Nova senangi.

Jadikan hobi sebuah peluang usaha. Misalnya saja, memasak atau berkebun. Keduanya dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan kreasi yang unik dan menarik bagi para pembeli.