Tips Mengatasi Kecemasan Berlebih Pada Lansia Selama Pandemi Covid-19

By Yussy Maulia, Jumat, 13 November 2020 | 10:00 WIB
Lansia sedang berjalan-jalan menggunakan masker (Dok. Shutterstock)

NOVA.id – Pandemi Covid-19 bisa mengakibatkan tumbuhnya rasa kecemasan berlebih pada seseorang khususnya pada golongan lanjut usia. 

Umumnya, hal ini disebabkan karena lansia merasa dirinya rentan terpapar virus corona yang jadi penyebab wabah tersebut.

Melansir dari Kompas.com (26/3/2020), dampak Covid-19 pada lansia memang dapat menjadi lebih buruk dibandingkan pada orang dewasa muda atau anak-anak. 

Terlebih, jika seorang lansia memiliki penyakit penunjang (komorbid) di antaranya diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Baca Juga: Perhatikan, Ini 10 Cara Mencegah Penularan Covid-19 pada Lansia

Apabila terjadi terus-terusan, rasa cemas ini bisa memicu stres hingga mengakibatkan psikosomatis pada lansia.

Melansir dari materi edukasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang dimuat dalam laman Covid.go.id, psikosomatis merupakan gejala gangguan kesehatan fisik yang berasal dari stres atau persoalan emosional. 

Gejala yang paling sering dialami adalah sesak nafas. Padahal jika diperiksakan secara fisik belum tentu terdapat gangguan di saluran pernafasan.

Pada materi edukasi tersebut BKKBN pun memaparkan beberapa tips penting untuk mengatasi rasa cemas berlebih terhadap Covid-19 yang dialami lansia.

Baca Juga: Merasa Punya Gejala Virus Corona Setelah Baca Informasi? Jangan-Jangan Sedang Alami Psikosomatis, Yuk Kenali Gejalanya!

Kerabat atau orangtua Sahabat NOVA yang berusia lanjut bisa menerapkan beberapa anjuran berikut.  

1. Jangan menyangkal rasa cemas