Yuk, Lakukan 5 Kebiasaan Ini Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

By Nana Triana, Minggu, 29 November 2020 | 20:52 WIB
Ilustrasi seorang wanita sedang tidur. (Dok. Shutterstock)

NOVA.id - Meskipun banyak menghabiskan waktu di rumah bukan berarti, Sahabat NOVA abai akan kesehatan tubuh. Di masa pandemi seperti sekarang ini, menjaga daya tahan tubuh penting dilakukan.

Pasalnya saat kondisi imun tubuh lemah, tubuh mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu, agar tumbuh kembali kebal terhadap penyakit, sistem imun harus dijaga dan ditingkatkan.

Ada beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh saat Sahabat Nova di rumah. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, hingga berolahraga sangat dibutuhkan supaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit.

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk meningkatkan sistem imun dikutip dari Kompas.com.

  1. Jaga kualitas tidur

Terkadang kita sering kali tergoda untuk terus menonton film streaming dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur nyenyak.

Baca Juga: Resep Membuat Soto Betawi yang Lezat dan Mudah, Bisa Dicoba di Rumah

Felice Gersh, MD, seorang dokter obgyn dan pendiri Integrative Medical Group of Irvine merekomendasikan untuk tidur di waktu yang sama setiap malam, dan bangun di waktu yang sama setiap pagi.

Saat kita kurang tidur, tubuh lebih rentan terhadap infeksi. Sebab, tidur membuat sistem kekebalan kita beregenerasi, memungkinkan sel kita melakukan perbaikan kritis, dan menyembuhkan luka.

Tidur juga membersihkan organ-organ kita dari produk limbah yang dibuat oleh proses metabolisme hari sebelumnya. Dengan kata lain, saat itulah tubuh kita meremajakan dan memulihkan diri.

Tanpa kulitas tidur yang baik kita menempatkan diri di zona bahaya. 2. Rutin Olahraga

Selain membantu kita tetap waras menghadapi pandemi Covid-19, olahraga dapat membuat kita lebih sehat secara internal.

Baca Juga: Latih Otot Gluteus agar Pinggul Kencang Seperti Jessica Iskandar