Cek Sekarang! Ini Cara Mendapat Token Listrik Gratis Bulan Desember dari PLN

By Ratih, Rabu, 2 Desember 2020 | 14:32 WIB
Ilustrasi meteran listrik (Tribun Jabar)

NOVA.id - Selama pandemi Covid-19, pemerintah memberikan bantuan untuk masyarakat dalam berbagai bentuk.

Salah satunya adalah token listrik yang diberikan melalui PLN kepada pelanggan 450 VA dan 900 VA subsidi.

Subsidi listrik tersebut rencananya akan diberikan hingga bulan Desember akhir tahun ini.

Baca Juga: Tak Lagi Terkendala BIaya, Para Guru Optimis Jalankan Pembelajaran Daring

Mengutip Tribun Pontianak, pelanggan bisa mendapatkan token listrik gratis melalui dua cara.

Bisa melalui situs resmi PLN di www.pln.co.id / stimulus.pln.co.id (langsung masukkan ID Pelanggan) dan menggunakan aplikasi chat WhatsApp PLN di 08122-123-123.

Berikut ini adalah cara mendapatkan token listrik gratis:

Baca Juga: Simpan untuk Keadaan Darurat, Inilah Daftar Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta

Situs Resmi PLN

- Login laman www.pln.co.id / https://stimulus.pln.co.id/

- Masukkan ID pelanggan/nomor meteran di kolom yang tersedia

- Kemudian, akan muncul token listrik gratis di layar

- Token listrik gratis tersebut bisa langsung digunakan

Baca Juga: Buka Website Ini dan Ikuti Caranya untuk Cek Kepesertaan BSU Guru Honorer

Chat WhatsApp PLN

- Ketik 'Halo' dan kirim pesan ke WhatsApp PLN 08122-123-123.

- Kemudian, akan muncul balasan otomatis dari PLN yang berbunyi seperti berikut ini.

"Halo Electrizen, pemerintah memberikan listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA & Diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga 900 VA Subsidi (sesuai Basis Data Terpadu TNP2K).

Ketik 1 untuk Info Listrik Gratis/ Diskon Stimulus Covid19.

https://wa.me/628122123123 . Hotline PLN (Kode Area) 123"

- Lanjutkan mengetik kode 1.

- Kemudian, PLN akan meminta kita untuk menuliskan ID pelanggan atau nomor kWh meteran.

- Jika ID meteran memenuhi syarat, maka akan mendapatkan token listrik dan bisa langsung digunakan.

- Namun, jika ID meteran listrik pelanggan tidak memenuhi syarat maka akan mendapatkan balasan seperti berikut ini:

"Mohon maaf token kompensasi saat ini hanya diberikan kepada pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA Bersubsidi (sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)."

Baca Juga: Ikut Serta Permudah Belajar dari Rumah di Masa Pandemi, Google Banyak Beri Bantuan untuk Pendidikan Indonesia

Perangkat Desa

Bagi masyarakat terpencil atau sulit mengakses internet bisa mendatangi perangkat desa terdekat, kemudian meminta perangkat desa untuk mencatat ID PLN dan melaporkan melalui perangkat desa kepada PLN.

Begitu pula bagi pelanggan yang tidak menggunakan Aplikasi WhatsApp.

Langkah terakhir apabila tidak ada internet dan telepon, maka pelanggan bisa mendatangi kantor terdekat di seluruh penjuru Indonesia dengan menyiapkan ID pelanggan. 

Baca Juga: Pendaftar BLT UMKM Rp2,4 Juta Membludak, Pemerintah Perpanjang Bantuan hingga Tahun Depan

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)