Panduan Aktivitas Fisik untuk Lansia agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Covid-19

By Nana Triana, Rabu, 2 Desember 2020 | 20:29 WIB
Lansia sedang berjalan-jalan menggunakan masker (Dok. Shutterstock)

NOVA.id - Seorang pakar epidemiologi dari Harvard University, Michael Mina Ph.D., mengatakan, infeksi virus corona paling rentan dan berbahaya saat menyerang para lansia.

“Dari pengamatan kami, pada orang berusia di bawah 35 tahun hampir tidak ada. Sementara, angka kematiannya makin tinggi pada orang berusia 40-80 tahun,” katanya seperti dikutip dari seperti dilansir GridHealth.id.

Karenanya, bagi Sahabat NOVA yang memiliki anggota keluarga berusia lanjut (lansia)  harus lebih ekstra hati-hati di masa pandemi Covid-19. Selain itu, memastikan mereka tetap aktif. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis pedoman aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan di segala usia untuk menghadapi pandemi. Pedoman berjudul WHO Guidelines on Physical Activity and Sedentary Behaviour itu juga membahas aktivitas fisik yang cocok untuk lansia.

Baca Juga: Penularan Covid-19 Banyak dari Anggota Keluarga, Begini Cara agar Tetap Aman

Aktivitas fisik yang baik dan teratur dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menghindarkan diri dari penyakit berbahaya termasuk Covid-19.

Bagi anak-anak dan remaja di usia pertumbuhan, salah satu aktivitas fisik yang baik adalah aerobik 60 menit dalam sehari.

Bagi orang dewasa, lakukan aktivitas fisik aerobik dengan intensitas sedang setidaknya selama 150 hingga 300 menit atau sekitar 2,5 jam dalam satu minggu.

Sedangkan intensitas tersebut berbeda dari pedoman aktivitas fisik bagu masyarakat berusia lanjut atau 65 tahun ke atas. Adapun aturan untuk lansia diantranya;

Melakukan aktivitas fisik secara teratur

Rutin melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membawa manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain menjauhkan diri dari berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, hipertensi, hingga diabetes tipe 2.

Olahraga minimal 75 menit