NOVA.id - Tingginya kasus penularan virus corona membuat sebagian besar kantor dan intansi pemerinthan menerapkan kebijakan kerja dari rumah atau biasa disebut work from home (WFH).
Sepanjang diterapkannya WFH ternyata banyak karyawan mengalami burnout. Melansir dari Kompas.com, Senin (14/12/2020) burnout adalah kondisi saat tubuh dan otak tak lagi mampu mengatasi stres.
Gejalanya adalah seringkali merasa tak punya energi untuk kembali beraktivitas, bahkan sekadar bangun dari tempat tidur. Mereka juga cenderung memiliki merasa putus asa dan depresi.
Baca Juga: 4 Minuman Sehat untuk Mendetoks Ginjal: Salah Satunya Air Kelapa!
Bekerja dari rumah memicu burnout karena tidak ada pemisah yang jelas antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi.
Melansir dari The Muse, ahli psikologi klinis Andrew Schwehm mengatakan, kehidupan kerja dan area pribadi yang menjadi satu akibat WFH membuat banyak pekerja kebingungan.
Nah, untuk menghindari masalah tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat Sahabat NOVA sudah merasa lelah dan tidak bisa mengatur waktu antara perkerjaan dengan kehidupan pribadi.
1. Buat jadwal yang jelas
Agar terhindar dari stres karena pekerjaan yang menumpuk. Anda perlu membuat jadwal agar bisa membagi waktu mana untuk bekerja dan mana waktunya untuk beristirahat.
Baca Juga: Mulai dari Suburkan Rambut hingga Cegah Kanker, Ini Manfaat Jus Seledri
Sebaiknya beri jeda waktu 15-30 menit setiap harinya. Usakan saat istirahat makan siang tidak menyantap makannya di depan laptop atau ponsel agar pikiran rileks sejenak.
melansir dari Kompas.com (10/08/2020), agar lebih produktif dr. Albers agar menyarankan selama bekerja, Sahabat NOVA harus menyiapkan tempat khusus yang hanya digunakan untuk bekerja. Sebab bekerja dari kamar tidur atau sofa ruang keluarga membuat kamu susah fokus.
2. Mengonsumsi makanan sehat
Mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega-3 bisa menjadi antidepresan alami.
Memperbanyak konsumsi makanan yang kaya omega-3 seperti minyak biji rami, kenari, dan ikan dapat membantu meningkatkan suasana hati.
3. Dorong diri untuk disiplin
Terkadang fleksibilitas kerja dari rumah, membuat sebagian pekerja menunda-nunda pekerjaan. Akibatnya, pekerjaan yang seharusnya bisa selesai lebih cepat, baru bisa selesai saat tengah malam sehingga membuat jam istirahat makin tidak teratur.
Baca Juga: Hindari 4 Kesalahan Ini agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah
Selain tidak sehat karena mengganggu waktu tidur, menunda-nunda pekerjaan dan berakhir begadang juga bisa membuat Sahabat NOVA semakin stres.
Untuk itu, dorong diri sendiri lebih disiplin layaknya seperti bekerja di kantor. Buat jadwal dan patuhi jadwal yang sudah disusun tersebut.
4. Istirahat yang cukup
Tubuh manusia membutuhkan istirahat minimal 7-8 jam sehari untuk mengisi kembali energi. Itulah sebabnya, tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental kita.
Menurut National Sleep Foundation, menghindari kafein sebelum tidur, membuat ritual waktu tidur yang santai, dan menghindari penggunaan ponsel menjelang waktu tidur membantu meningkatkan kualitas tidur kita.
5. Luangkan waktu untuk berolahraga
Olahrga tidak hanya baik untuk meningkatkan kesehatan dan imunitas tubuh. Namun juga dapat meningkatkan suasana hati.
Kamu tidak perlu menghabiskan waktu hingga berjam-jam di tempat gym untuk merasakan manfaat ini.
Baca Juga: Rekomendasi Produk untuk Rawat Bibir agar Sehat dan Cerah Alami
Sahabat NOVA cukup melakukan olahraga ringan, seperti aerobikm, jalan kaki, atau bisa jogging di sekitar rumah hingga tubuh berkeringat dan merasa sudah segar kembali.
Saat berolahraga di luar ruangan, Sahabat NOVA perlu menerapkan protokol kesehatan guna mencegah diri dan keluarga dari paparan virus corona. Jangan lupa untuk tetap pakai masker, menjauhi kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun (3M).