5 Resolusi 2021 untuk Dukung Pertumbuhan Anak Lebih Hebat dan Cerdas

By Dionysia Mayang Rintani, Senin, 11 Januari 2021 | 17:46 WIB
5 Resolusi 2021 untuk Dukung Pertumbuhan Anak (ilustrasi) (istock)

 

NOVA.id – Tak hanya bagi kita sebagai orangtua, tahun 2021 bisa dimanfaatkan menjadi momen tepat untuk membuat resolusi baru bagi buah hati.

Di tengah banyaknya harapan baru di 2021, tak dapat dimungkiri masih ada beberapa tantangan besar yang akan hadapi anak seperti keterbatasan aktivitas di luar rumah maupun pembelajaran jarak jauh secara digital.

Di sinilah peran kita makin penting dalam mendukung anak untuk tetap tumbuh hebat dengan cerdas serta memiliki emosional yang baik.

Baca Juga: Capai Resolusi 2021 Anti Gagal dengan Lakukan Beberapa Cara Ini

Berikut beberapa rekomendasi bagi orangtua dalam menentukan resolusi tahun baru untuk mendukung pertumbuhan anak seperti yang disampaikan oleh Bebelac.

Perhatikan Nutrisi untuk Pencernaan Anak

Nutrisi yang seimbang dapat memperkuat kesehatan pencernaan, otak, hingga emosionalnya, sehingga dapat memberikan dampak positif yang menyeluruh bagi tumbuh kembang anak.

Menurut ahli gizi dan penulis buku tentang gizi, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, untuk mencapai pertumbuhan yang menyeluruh, orang tua dapat mulai memperhatikan nutrisi untuk pencernaan anak.

“Salah satu nutrisi untuk pencernaan sehat yang dapat dikonsumsi anak adalah prebiotik atau makanan bagi bakteri baik,” jelas Dr. Rita.

Baca Juga: Anak Susah Diajak Tidur Siang? Yuk Lakukan 4 Tips Ini di Rumah

Sebagai contoh, prebiotik dapat ditemukan pada sayur, buah, atau susu pertumbuhan untuk anak di atas satu tahun yang diperkaya dengan prebiotik.

Pencernaan juga dikenal sebagai otak kedua karena perannya yang penting untuk mendukung kerja otak dan memproduksi berbagai zat penting untuk tubuh.

Saluran cerna juga saling berkomunikasi dengan otak, yang dikenal dengan gut-brain axis.

Proses initerjadi ketika mikrobiota di saluran pencernaan berkomunikasi dengan otak melalui interaksi dua arah melalui rute saraf, imunologis dan hormonal.

Nah, karenanya penting bagi orang tua untuk memastikan anak tumbuh dengan pencernaan yang sehat alias happy tummy.

Baca Juga: Ini yang Harus Dilakukan Ibu Saat Anak Sudah Mulai Merias Dirinya