Habis Liburan Tabungan Malah Menipis? Yuk, Akali dengan 4 Tips Ini!

By Yussy Maulia, Rabu, 27 Januari 2021 | 10:19 WIB
(Shutterstock)

Nova.id – Pandemi Covid-19 yang merebak membuat liburan akhir tahun 2020 terasa berbeda. Biasanya liburan dihabiskan dengan jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri, mengunjungi tempat wisata, dan makan-makan di restoran bersama keluarga. Namun, libur akhir tahun kemarin Anda harus lebih banyak di rumah demi meredam penyebaran virus corona.

Wisata boleh dilakukan tetapi destinasinya terbatas. Staycation atau wisata domestik menjadi satu-satunya pilihan. Meski demikian, tidak berarti pengeluaran Anda selama liburan lebih kecil dari tahun-tahun sebelumnya.

Oleh sebab Anda tidak dapat bertemu dengan orang-orang terkasih, menjembatani silaturahmi dilakukan dengan mengirim hadiah. Memberi hadiah menurut instruktur psikologi dari South University, West Palm Beach, Amerika Serikat, dr Darlene Silvernail memberikan manfaat healing bagi psikologi seseorang.

“Dalam psikologi ditelaah apa itu altruisme dan bagaimana manfaatnya bagi seseorang. Memberi hadiah termasuk salah satu bentuknya dan selain membuat perasaan lebih baik, ada manfaat ekstrinsik yang didapat,” ujar dr Silvernail, dikutip dari publikasi di laman website South University.

Baca Juga: Liburan Memicu Overeating, Berikut Tips untuk Menghindarinya

Namun, overspending saat membeli hadiah tersebut sulit dihindari karena Anda pastinya ingin memberikan sesuatu yang unik, personal, dan spesial. Belum lagi ditambah keinginan untuk memberi reward pada diri sendiri dengan membeli barang-barang yang diimpikan karena telah berhasil melalui tahun yang berat.

Akhirnya, besar pasak daripada tiang. Tabungan pun menipis.  

Nah, untuk kembali memperbaiki kondisi tabungan Anda, pintar mengatur uang di tahun yang baru menjadi penting. Berikut strategi untuk menyeimbangkan kembali pemasukan dengan pengeluaran dan mengisi kembali tabungan.

1. Alokasikan gaji secara tepat

Ketika menerima gaji, Anda mungkin langsung berpikir untuk apa saja uang tersebut akan digunakan. Sebelum melakukan itu, sebaiknya sisihkan sekian persen untuk tabungan sesuai dengan besaran gaji Anda.

Bila perlu, buat rekening terpisah yang dikhususkan untuk menyimpan tabungan. Ini supaya uang tabungan Anda tidak tercampur dengan uang yang digunakan untuk transaksi harian.

Pastikan Anda konsisten menyisihkan gaji setiap bulan untuk tabungan. Namun, jangan terlalu menekan diri Anda sendiri. Pastikan Anda dapat menabung dengan lancar sembari tetap memenuhi kebutuhan esensial.