Pilih Lokal Aja: Panduan Lengkap Cara Daftar Bisnis Kuliner di GoFood

By Alsabrina, Kamis, 1 April 2021 | 13:23 WIB
(Ilustrasi) Cara Mendaftar GoFood (iStockphoto)

NOVA.id - Berbisnis tak hanya sekedar membeli dan menjual saja.

Tetapi, lebih kompleks dari itu. Kita dituntut untuk mengerti dalam mengembangkan bisnis dan memasarkannya lebih luas.

Terlebih saat pandemi seperti sekarang ini. Banyak usaha yang stuck bahkan mengalami kerugian serta kebangkrutan di masa tak menentu seperti ini.

Baca Juga: Pilih Lokal Aja: Rekomendasi Alas Kaki dengan Kualitas Maksimal

Walau begitu, selalu masih ada cara untuk mempertahankan bisnis dan/atau mengembangkannya.

Bagi Sahabat NOVA yang memiliki usaha makanan dan minuman, rasanya kurang pas jika tidak masuk ke aplikasi pemesanan makanan dan minuman seperti GoFood.

Ya, memanfaatkan teknologi yang ada menjadi salah satu senjata untuk mempertahankan bisnis di masa sekarang ini. Salah satunya adalah memanfaatkan aplikasi GoFood.

Baca Juga: Rekomendasi Sunscreen Lokal Berbahan Dasar Air yang Tak Bikin Lengket

Kita bisa mendaftarkan bisnis kita sebagai mitra merchant GoFood.

VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek Rosel Lavina mengatakan, pendaftaran menjadi mitra GoFood selalu terbuka bagi para pelaku UMKM kuliner yang ingin mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan dukungan ekosistem Gojek.

"Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung transformasi digital pelaku UMKM. Untuk itu kami masih membuka kesempatan bagi pelaku UMKM yang ingin bergabung," ujar Rosel Lavina saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/3/2021).

Baca Juga: Pilih Lokal Aja: Mustika Ratu Bengkoang untuk Mencerahkan Kulit

Lebih lanjut Rosel menjelaskan bagi para calon mitra usaha GoFood yang ingin bergabung, bisa dilakukan secara mandiri di aplikasi GoBiz.

Langkah-langkahnya dibeberkan dia adalah pertama calon mitra harus mengunduh aplikasi GoBiz di Google Play dan memilih tombol 'Daftar GoBiz'.

Lalu, calon mitra harus memilih 'Usaha milik pribadi' dan melengkapi dokumen data usaha yang dibutuhkan.

Baca Juga: Inspiratif! Bisnis Hijab Mengantarkan Pasangan Ini Raih Omzet Miliaran

Sebelum mengisi formulir registrasi secara online, berikut dokumen yang harus dipersiapkan: 

1. KTP Pemilik Outlet

2. NPWP Pemilik Outlet (Opsional - Jika memiliki tarif PB1)

3. Nomor rekening pemilik untuk pencairan dana usaha

Baca Juga: Daftarkan Merek Dagang di Kemenkop UKM Gratis, Ini Persyaratannya

4. Alamat email outlet aktif

5. Nomor ponsel outlet untuk login GoBiz

6. Foto selfie dengan KTP jika terdapat kerusakan pada kartu identitas

7. Foto buku rekening bank jika data pemilik (seperti: data pemilik rekening) tidak sama dengan identitas nama pemilik

Baca Juga: Begini Cara Mendapatkan Sertifikasi Halal Gratis dari Kemenkop UKM

Setelah lolos verifikasi dan konfirmasi ulang, akun akan teraktivasi dan mitra usaha bisa mulai menerima pesanan dengan GoBiz.

"Kemudahan- kemudahan ini kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan para pelaku usaha yang semakin mengandalkan teknologi di tengah masa pandemi," ucap Rosel Lavina.

Untuk lebih lengkapnya, berikut cara pendaftaran GoFood seperti yang NOVA.id kutip dari gobiz.co.id.

Baca Juga: Cara Mendaftar SPP IRT untuk Pengusaha Mikro, Begini Syaratnya

1. Download aplikasi GoBiz dari Google Play Store . Setelah mendownload, Anda langsung dapat membuka aplikasi GoBiz dengan klik `Daftar GoBiz`.

2. Kemudian pilih jenis pendaftaran:

Usaha milik pribadi: untuk Individual yang belum pernah memiliki akun GoBiz, proses pendaftaran melalui aplikasi GoBiz (pilih ini).

Usaha milik perusahan: Untuk perusahaan yang belum pernah memiliki akun GoBiz.

Tambah outlet baru: Untuk pemilik usaha yang sudah memiliki akun GoBiz dan ingin menambah outlet baru, proses pendafataran via email.

Buat akun GoBiz: untuk usaha yang sudah ada di GoFood dan ingin mulai mengelola usahanya pakai GoBiz.

Baca Juga: Pilih Lokal Aja: Rekomendasi Lip Cream untuk Atasi Bibir Bermasalah

3. Pada halaman Isi data pemilik, lengkapi data nama, email dan nomor ponsel pastikan data (aktif) dan pendaftaran dilakukan oleh pemilik usaha sendiri (melainkan bukan: kasir, karyawan dan lain-lain).

Isi data dengan benar, jika sudah sesuai klik tombol `Kirim data pemilik.

4. Masukkan kode OTP yang diterima melalui SMS, lalu klik`Konfirmasi.

Baca Juga: Pilih Lokal Aja: Rekomendasi Makeup yang Punya Kandungan Skincare Mewah

5. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi dan mengirimkan kelengkapan data usaha berikut:

Identitas pemilik

Informasi rekening bank

Informasi usaha

Informasi outlet

Pilihan layanan

Baca Juga: Tak Cuma Menabung, Ini Cara Pintar Atur Uang ala Rio Dewanto

Catatan:

Centang layanan yang ingin diaktifkan dan pelajari ketentuan biaya masing-masing layanan. GoPay akan otomatis terpilih sebagai layanan dasar GoBiz.

Jika Anda mencoba untuk tidak mencentang layanan GoPay maka akan muncul penjelasan bahwa layanan GoPay wajib diaktifkan.

6. Setelah semua data usaha dilengkapi, pelajari Syarat & Ketentuan layanan yang dipilih, lalu centang dan klik tombol `Verifikasi data usaha saya`.

7. Kemudian muncul pop-up konfirmasi. Pastikan data sudah sesuai, lalu klik `Kirim'.

Baca Juga: Pilih Lokal Aja: 5 Cara Mengembangkan Usaha Kecil agar Tetap Stabil

Verifikasi data usaha

1. Setelah semua data usaha dikirim, tim GoBiz akan melakukan proses verifikasi dalam waktu sekitar 2 (dua) hari kerja.

2. Jika proses verifikasi sudah berhasil disetujui, Anda akan mendapatkan notifikasi di aplikasii dan email yang Anda daftarkan. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke proses aktivasi layanan/produk yang Anda pilih.

3. Jika data usaha belum disetujui, silakan klik Perbaiki data usaha kemudian lihat alasannya. Jika sudah diperbaiki, Anda bisa menekan tombol `Kirim data usaha`.

Baca Juga: Begini Cara Membedakan Pinjaman Online Terpercaya dengan Pinjol Bodong

 

 

Aktivasi layanan/produk di GoBiz

Aktivasi GoPay & POS

Aktivasi GoPay dan POS adalah tahapan setelah data usaha Anda telah lolos diverifikasi oleh tim Gojek. Proses aktivasi GoPay akan memakan waktu selama 7 (tujuh) hari kerja sedangkan, untuk POS otomatis sudah aktif.

Baca Juga: 6 Cara Mendapatkan Modal untuk Membangun Bisnis: Dari Ikut Lomba Hingga Ambil Pinjaman

Aktivasi GoFood

1. Anda perlu melengkapi beberapa data usaha untuk memulai proses aktivasi. Jika semua data sudah dilengkapi, status layanan GoFood akan berubah menjadi Masih diproses.

2. Jika layanannya sudah aktif, status aktivasi layanan akan berubah menjadi Sudah aktif. Selanjutnya Mitra Usaha bisa mulai menggunakan aplikasi GoBiz untuk menjalankan usaha.

Selesai! Semoga informasi ini dapat membantu!

Baca Juga: Festival Pilih Lokal Aja: Strategi Pemasaran yang Bisa Dilakukan Tanpa Pakai Jasa Influencer

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store. (*)