Bersepeda Bisa Mengatasi Depresi Hingga Jaga Berat Badan Tetap Ideal

By Dinni Kamilani, Rabu, 26 Mei 2021 | 00:00 WIB
(Ilustrasi) Pesepeda (iStockphoto)

NOVA.id - Kini semakin banyak orang menggandrungi olahraga bersepeda, dari segala jenis usia. Tak hanya karena seru, olahraga ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dokter Spesialis Bedah Ortopedi Konsultan Hand & Microsurgery RS Pondok Indah- Bintaro Jaya, dr. Oryza Satria, Sp.OT (K) menjelaskan olahraga bersepeda memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan.

Siapa sangka, ternyata cukup dengan bersepeda selama 30 menit setiap hari, bersepeda dapat menurunkan tingkat depresi, seiring dengan meningkatnya kadar hormon endorfin dalam tubuh.

Baca Juga: Mengenal Cyclist's Palsy, Cedera yang Kerap Dialami Pesepeda

Selain itu, dengan bersepeda selama 30 menit setiap hari, kita sudah dapat membantu menurunkan risiko penyakit metabolik, meningkatkan kreativitas dan daya ingat.

“Olahraga bersepeda juga dapat membantu tubuh lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur, sehingga membantu mempertahankan berat badan,” jelas Oryza.

Bersepeda di pagi hari dapat membantu memastikan tubuh kita terpapar sinar matahari dan mendapatkan manfaat dari vitamin D.

Baca Juga: Resmi Jadi Wali Kota Solo, Penampilan Gibran Rakabuming Saat Blusukan Naik Sepeda Lipat Langsung Jadi Sorotan