Survei Nenilai Ungkap 10 Nilai Pribadi Penting untuk Kemajuan Indonesia

By Dinni Kamilani, Kamis, 10 Juni 2021 | 14:33 WIB
Narasumber Virtual Press Launch Mengenal Nenilai: Inisiatif Memetakan Nilai Hidup Bangsa untuk Kemajuan Indonesia, Rabu (09/06). ()

NOVA.id – Pada tanggal 2 Juli - 31 Desember 2020, Nenilai telah melakukan survei kepada 50.542 responden yang berusia minimum 15 tahun, sebagai proses identifikasi atas nilai-nilai hidup yang dianggap penting secara individual maupun bersama secara daring.

Nenilai sendiri merupakan sebuah gerakan inisiatif dari 5 penggagas Indonesia sebagai penggerak awal yang terdiri dari Bappenas, Indika Energy, Dayalima Abisatya, Pantarei dan Stoik Trisula.

Hasil survei menunjukan, nilai pribadi yang dianggap paling penting yaitu bertanggung jawab sebanyak 51 persen, sedangkan untuk nilai-nilai budaya saat ini yang dianggap paling penting adalah gotong royong sebanyak 39 persen. Untuk nilai-nilai budaya yang diharapkan oleh masyarakat Indonesia adalah adil atau keadilan sebanyak 69 persen.

Baca Juga: Di Masa Pandemi Covid-19, Survei Membuktikan jika Banyak Orang yang Justru Beralih dengan Mencari Teman Kencan Melalui Aplikasi Online

Bappenas berpendapat, temuan Nenilai Indonesia sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan perencanaan jangka menengah hingga panjang.

“Melalui survei Nenilai, kami dapat mengetahui nilai-nilai yang dianggap penting di lapisan masyarakat. Dari sana, kami kemudian memformulasikan menjadi sebuah program yang sejalan dengan tujuan dan fungsi Bappenas,” kata Vivi Yulaswati, Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Bappenas, dalam Virtual Press Launch Mengenal Nenilai: Inisiatif Memetakan Nilai Hidup Bangsa untuk Kemajuan Indonesia, Rabu (09/06).

Nilai-nilai ini yang juga diterapkan di dalam lingkungan kerja Kementerian PPN/Bappenas, Industri, dan pribadi masing-masing masyarakat Indonesia sehingga dapat memenuhi pembangunan Nasional yang terintegrasi.

Baca Juga: Belum Menikah? Tetap Bersyukur dan Lakukan 5 Hal Positif Ini