Terpapar Covid-19 Tapi Bergejala Ringan, Begini Cara Isoman yang Betul

By Sheila Respati, Sabtu, 3 Juli 2021 | 20:09 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri Covid-19. (Pexels/Edward Jenner)

NOVA.id – Saat ini, kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tengah mengalami lonjakan. Hal tersebut membuat bed occupancy rate (BOR) atau jumlah keterisian tempat tidur di rumah sakit ikut meningkat. Oleh  sebab itu, pasien yang terkonfirmasi positif dengan gejala ringan disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Meski demikian, banyak pasien dan anggota keluarga pasien masih belum memahami bagaimana cara isolasi mandiri yang aman dan sehat.

Dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan penyakit dalam dari Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, dr Andi Khomeini Takdir, Sp PD (K-Psi) menyampaikan kiat untuk melakukan isolasi mandiri.

“Pertama-tama, saat melakukan isolasi mandiri di rumah, pasien harus memakai masker. Kedua, kamar pasien harus terpisah dan pastikan jendela kamar yang menjadi tempat isolasi mandiri terbuka,” terangnya dalam webinar Dialog Produktif yang diselenggarakan KPCPEN dan disiarkan FMB9ID_IKP, menurut rilis yang diterima NOVA.id, Sabtu (3/7/2021).

Baca Juga: Catat, Ini Deretan Vitamin untuk Pasien Covid-19 Saat Isolasi Mandiri

Pasien yang menjalani isolasi mandiri, lanjut dr Andi, juga harus mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Guna memastikan asupan makanan teratur dan terjaga gizinya, anggota keluarga yang tengah melakukan isolasi mandiri harus terus saling mendukung dan mengingatkan.

“Kalau di rumah sakit, ada dokter dan perawat yang mendukung. Saat di rumah, peran dokter dan perawat untuk mendukung selera makan pasien agar tetap terjaga dijalankan oleh keluarga,” lanjutnya.

Dengan memilih isolasi mandiri, kata dr Andi, juga tidak berarti pasien boleh mendiagnosis dan mengobati diri sendiri.

Saat melakukan isolasi mandiri, pasien sebaiknya tetap memantau kondisi tubuh dari waktu ke waktu. Apabila gejala terasa semakin berat, pasien diwajibkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Pada webinar tersebut, aktor dan presenter Ben Kasyafani hadir membagikan pengalamannya melakukan isolasi mandiri. Untuk diketahui, Ben sempat terpapar Covid-19 pada November 2020.

Baca Juga: Ini 4 Tips Merawat Anak yang Positif Covid-19 Saat Isolasi Mandiri

“Saat itu, anak dan istri saya dites negatif sehingga kami memisahkan diri. Secara total saya melakukan isolasi mandiri di kamar sendiri selama 20 hari,” ungkap Ben.