Alasan Mengapa Harus Beralih Menggunakan Minyak Goreng Berekolabel

By Dinni Kamilani, Rabu, 29 September 2021 | 09:52 WIB
Alasan mengapa menggunakan minyak goreng berekolabel lebih baik (Freepik)

NOVA.id – Sahabat NOVA dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari, bisa dipastikan hampir selalu ada menggunakan minyak goreng dalam proses pengolahannya.

Tapi pernah enggak sih kita berpikir, apakah minyak goreng yang kita gunakan di dapur sudah benar-benar aman bagi lingkungan, dan keberlangsungan anak cucu kita di masa yang akan datang.

Seperti kita ketahui, minyak goreng ini adalah salah satu produk turunan dari minyak sawit. Nah sayangnya dalam proses mengolah minyak sawit ini belum semua perusahaan menerapkan cara-cara yang berkelanjutan.

Baca Juga: Beli yang Baik, WWF Ajak Kita Beli Barang Berkelanjutan

Akibatnya, industri seperti itu hanya akan menguntungkan secara ekonomi, tapi bisa berdampak buruk terhadap lingkungan, seperti kebakaran hutan.

Hilangnya satwa langka, bahkan tak jarang masyarakat kita juga yang juga harus menanggung akibatnya, seperti sengketa lahan, hingga upah yang tidak layak.

“Jadi memang ada dampak ketika ada komoditas dihasilkan, dan sebenarnya itu bisa diatasi dan itu yang dijadikan solusi oleh minyak sawit berkelanjutan ini,” kata Margareth Meutia, Communication, Campaign, and Public Relations Team WWF Indonesia, Selasa (28/09).

Baca Juga: Ngopi Bareng NOVA Bersama WWF, Ajak Masyarakat Lebih Dekat dengan Minyak Sawit Berkelanjutan