TikTok Semakin Memaksimalkan Tren untuk Brand FMCG Jangkau Audiens secara Kreatif

By Widyastuti, Sabtu, 30 Oktober 2021 | 00:00 WIB
Ilustrasi - TiktOk (5./15 WEST)

NOVA.id - Kondisi perekonomian yang terus bergerak dinamis sepanjang tahun ikut mempengaruhi perilaku berbelanja masyarakat, termasuk dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Brand produk FMCG (fast-moving consumer goods) pun menghadapi tantangan baru untuk bisa terus hadir untuk konsumen, baik secara offline maupun online.

TikTok, yang kian dipercaya brand untuk bantu meningkatkan bisnis, memberikan berbagai insight yang dapat dimanfaatkan oleh brand FMCG agar bisa lebih lincah atau agile dalam memasarkan produknya di ranah digital, sekaligus menghadirkan pengalaman belanja yang seru kepada konsumen.

Baca Juga: Tips Berbelanja Online, Jadi Konsumen yang Cerdas Sebelum Bertransaksi

Perilaku belanja masyarakat yang berpindah-pindah dari offline ke online dan sebaliknya, merupakan salah satu faktor yang mendorong pentingnya kapabilitas omnichannel bagi suatu brand FMCG.

Hal ini disorot dalam riset "Winning Omnichannel Asia: The Future of FMCG and Retail" dari Kantar Worldpanel. "Selain pasar tradisional, warung, dan mini market, kini pelanggan juga mengandalkan platform online untuk mencari, menemukan, dan membeli produk. Oleh karena itu, brand perlu meningkatkan kehadirannya di kanal digital, baik untuk pemasaran maupun penjualan," kata Corina Fajriyani, Senior Marketing Manager, Kantar Worldpanel Division.

Salah satu contoh brand yang telah sukses mengoptimalkan platform digital untuk meningkatkan pertumbuhan bisnisnya adalah Nestlé. Semakin banyaknya pelanggan yang belanja kebutuhan sehari-hari secara online turut diperhatikan oleh brand yang telah membawahi berbagai produk FMCG, seperti Milo dan Nescafe.

"Kebiasaan belanja kebutuhan groceries secara online baru meningkat selama pandemi ini. Dan kami menyadari bahwa untuk bisa terus dicari dan ditemukan oleh pelanggan, brand kami pun perlu memperkuat kehadiran secara digital, dan memberikan konten yang relevan sekaligus bermanfaat bagi pelanggan.

Baca Juga: Ini Cara Menghilangkan Kutil Pakai Cuka Apel, Simak Langkahnya