Mengenal Drone Parenting, Jenis Pola Asuh yang Banyak Dipakai Orang Tua Milenial

By Dinni Kamilani, Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:44 WIB
Dalam drone parenting, orangtua memberikan kebebasan kepada anak. Tapi bebas yang seperti apa? (Nutthaseth Vanchaichana)

NOVA.id - Sahabat NOVA, tahu enggak sih kalau sekarang ini pola asuh drone parenting cukup tren dan banyak diterapkan oleh ibu-ibu milenial?

Seperti diketahui, drone adalah pesawat kecil tanpa awak berbentuk mirip helikopter. Drone bebas bergerak sendiri di angkasa.

Namun tetap dikontrol pengemudi dari jarak jauh dengan menggunakan sebuah remote. Seperti itulah gambaran drone parenting.

Baca Juga: Waspada, Inilah Dampak Negatif Bila Anak Pakai Popok Menggumpal

“Tidak seperti helicopter parenting yang selalu nempelin terus anaknya, semua keputusan apa-apa sama orangtua, drone parenting ini hanya mengawasi anak saja selayaknya drone, diawasi dari jauh, dikontrol,” kata psikolog anak dan keluarga Ayoe Sutomo, M.Psi, Psikolog.

Pengasuhan helikopter mengontrol anak dari jarak dekat. Sedangkan pengasuhan ala drone lebih memberi kebebasan pada anak, memberikan ruang untuk mengeksplor hal-hal baru.

Kendati demikian, orang tua tetap mengawasi dan bukan tak mungkin mengendalikannya dari jauh. Dan tetap dalam batasan tertentu.

Baca Juga: Ibu Harus Tahu, Begini Cara Pilih Skincare yang Aman untuk Remaja