Jangan Asal Modifikasi, Yuk Kenali 4 Kriteria Kelistrikan pada Mobil

By Dinni Kamilani, Kamis, 16 Desember 2021 | 15:03 WIB
New Xpander Cross dengan tampilan gagah khas SUV. Cocok untuk dibawa berpetualang bersama keluarga. (Dok. Mitsubishi)

NOVA.id – Sahabat NOVA, kita semua mungkin sudah tahu jika mobil dilengkapi dengan komponen kelistrikan. Tapi kebanyakan yang diketahui pemahaman sistem elektronik baru sebatas lampu dan aki.

Padahal, kata Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, sistem kelistrikan mobil dapat dibagi dalam empat kriteria, yaitu kelistrikan bagian luar, interior, mesin, dan sistem keamanan kendaraan.

“Kita coba belah satu persatu, pertama ada bagian electrical body, untuk electrical body di dalam sebuah kendaraan kita selalu bagi, dua tipe kabel yakni body harness dan engine harness. Body harness adalah kabel yang berhubungan dengan kelistrikan, lampu, power steering, sound system,” kata Rifat, dalam telekonferensi Mitsubishi, Selasa (14/12).

Baca Juga: Rekomendasi Saffron Mist Multifungsi untuk Makeup Sekaligus Skincare

"Untuk engine harness itu berhubungan dengan penggerak yakni engine dan gearbox. Ini adalah sistem kelistrikan yang berhubungan dengan ECU, otak dari mobil kita," sambungnya.

Bagian kedua, ada elektrikal interior, yang letaknya ada di bagian dalam mobil, kata Rifat bagian kedua ini memang masih bagian dari body harness.

Terdapat beberapa bagian di antaranya yaitu penerangan kabin atau lampu di kabin. Kemudian MID, system entertainment, USB port, pemantik buat rokok, panel AC, power window, dan sebagainya.

Baca Juga: Dilengkapi Fitur Keamanan Tinggi, Begini Spesifikasi Daihatsu All New Xenia di GIIAS 2021