Melalui Kompetisi Global, Harmonisasi Karya Para Mahasiswa USG Education Rajut Kekayaan Alam dan Kriya Indonesia

By Widyastuti, Jumat, 28 Januari 2022 | 14:32 WIB
()

NOVA.id - Indonesia merupakan negara dengan beragam kekayaan alam dan budaya. Memiliki berbagai jutaan kekayaan seni dan budaya dari Sabang sampai Merauke. Kekayaan ini menjadi budaya leluhur yang bernilai tinggi dan wajib diwariskan ke setiap generasi Indonesia.

USG Education selalu institusi pendidikan internasional paham benar atas kepentingan ini, dan secara konsisten selalu menjadikan kultur Indonesia sebagai bagian dari dari kompetensi para siswanya agar mereka memiliki pendidikan berwawasan global namun tetap memiliki nilai-nilai luhur dan kearifan lokal.

Salah satu kontribusi yang dilakukan oleh USG Education secara konsisten adalah selalu melatih para siswanya untuk melakukan eksplorasi dan inovasi serta menyadari potensi luar biasa yang dimiliki oleh kebudayaan di Indonesia terutama dari sisi ekonomi kreatif.

Dalam kesempatan kali ini USG Education melalui salah satu programnya yaitu UIC College luncurkan serial inovasi dan ide hasil karya anak negeri.

Para siswa UIC College melalui USG Education - Creative Showcases  dengan tema “Thrive in the new era with Indonesian Craft” atau “Berkembang dengan Kriya di Era Baru” mempersembahkan Harta karun Terpendam berupa Alam dan Kriya dari Kabupaten Pesawaran, Lampung dan Mandalika, NTB.

Hasil karya yang dikeluarkan ini mengangkat tema kebanggaan atas kekayaan ragam budaya dan pesona alam Indonesia dengan menampilkan produk-produk yang mewakili nilai-nilai nusantara.

Lebih dari 200 siswa UIC College yang terdiri dari empat kampus, yaitu BSD, Kelapa Gading, Pondok Indah dan Pantai Indah Kapuk mempresentasikan ide, inovasi dan kreatifitas mereka yang mengambil tempat di BSD Kampus dan juga secara online.

Untuk mendapatkan hasil karya yang tampil dalam USG Education - Creative Showcase kali ini, para mahasiswa UIC College terlebih dahulu mengadakan survei dan penelitian guna menemukan harta terpendam Indonesia di bidang kriya dan pariwisata dari daerah terpilih yang belum terekspos ke mata dunia dan menuangkannya dalam bentuk ide bisnis, dekorasi rumah, fashion, musik, produk dan promosi pariwisata.

Kegiatan ini merupakan wujud kemitraan antara USG Education dan  ataupun daerah dalam menumbuhkan wirausaha baru dengan mengembangkan kerajinan asli pesawaran yaitu Sulam Jelujur dan Tenun Sasak NTB serta melakukan promosi serta mendorong perluasan pasar produk kerajinan baik online ataupun offline.

Baca Juga: Wajarkah Menangis Setelah Bercinta? Ini 3 Hal yang Mendasarinya

Di kesempatan ini USG Education juga bekerjasama dengan HOPE (Gelang Harapan) untuk melakukan Social movement yang digalakkan dengan aksi penggalangan dana dari hasil penjualan karya desain dengan kombinasi Tenun Sasak dan Sulam Jelujur yang dirancang oleh para mahasiswa untuk memperingati World Cancer Month.

Beberapa karya siswa USG Education yang terinspirasi dari budaya dan kriya kabupaten terpilih di antaranya meliputi: