Jangan Disangkal, Begini Atasi Kecemasan Saat Anak Mulai ke Sekolah

By Dinni Kamilani, Rabu, 2 Maret 2022 | 12:02 WIB
Mengatasi cemas saat anak mulai sekolah tatap muka. (ake1150sb)

NOVA.id – Sahabat NOVA seperti diketahui sejak Januari 2022 lalu, pemerintah mulai memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM).

Tidak dapat dimungkiri, kondisi tersebut membuat sebagian orang tua yang merasa cemas dan belum siap melepaskan anaknya untuk melakukan PTM di sekolah.

Seperti ibu Ika yang berdomisili di Depok, dengan anak yang masih duduk di bangku kelas 2 Sekolah Dasar (SD), yang bersikeras tidak mengizinkan anaknya untuk PTM sebelum mendapatkan vaksin.

Alasannya tentu saja khawatir dengan kondisi anaknya, terlebih sekarang ini mulai banyak ditemukan kasus Covid-19 di lingkungan sekolah.

Tentu saja cemas yang dirasakan orangtua tentu saja tidak bisa dianggap sepele. Jika tidak diatasi dengan baik, kecemasan orangtua ini bisa berubah jadi stres.

Baca Juga: Pendidikan Seks Sejak Dini Ternyata Bisa Cegah Anak dari Pelecehan

Lantas apa yang bisa Anda persiapkan sebagai orangtua yang ingin melepaskan anaknya untuk melakukan PTM, tapi satu sisi masih diliputi rasa khawatir?

Berikut tips dari psikolog anak Dr. Ihsana Sabriani Borualogo, M.Si., Psikolog.

Komunikasi dengan Sekolah

Lakukan komunikasi dengan pihak sekolah, terkait dengan protokol kesehatan (prokes) yang dilakukan selama PTM berlangsung.

“Harus dikomunikasikan oleh orangtua kepada pihak sekolah, untuk meyakinkan bahwa pihak sekolah menerapkan prokes dengan saksama,” kata Ihsan kepada NOVA.

Sampaikan pada Anak