Pergoki Suami Konsumsi Konten Dewasa, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

By Dinni Kamilani, Kamis, 24 Maret 2022 | 05:30 WIB
Pergoki Suami Nonton Video Porno, Harus Bagaimana? (stefanamer)

NOVA.id - Belum lama ini diberitakan seorang istri mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) usai menegur suaminya yang gemar menonton video dewasa.

Tanpa membenarkan perilaku suami yang melakukan kekerasan, lantas bagaimana, sih, sebaiknya kita bereaksi saat memergoki atau mengetahui jika pasangan kita suka mengonsumsi film-film seperti itu?

Banyak orang menganggap itu hal lumrah untuk laki-laki, namun tidak sedikit juga yang menganggapnya tidak wajar.

Menurut psikolog Pamela Anggia Dewi, S.Psi., M.Psi., jika hal tersebut dilakukan terus-menerus tentu sudah bukan perilaku yang wajar, karena bisa menjadi candu dan tentu saja hal tersebut tidak baik. Terlebih jika sudah dalam konteks pernikahan.

Baca Juga: Tidak Mudah, Begini Tips Melepaskan Diri dari Pasangan yang Abusive

Sebagai istri, wajar saja bila saat mengetahui kebiasaan pasangan seperti itu, perasaan kita  akan campur aduk tidak karuan, marah, merasa tidak dihargai, syok, bahkan merasa insecure. Jadi, kita harus bagaimana?

Validasi Emosi

Sangat tidak mudah memang menghadapi hal ini. Namun sebisa mungkin jangan langsung terburu-buru terbawa emosi.

“Pertama, tahan dulu reaksi emosi kita, belajar untuk tidak langsung bereaksi terhadap reaksi emosi yang dimiliki,” kata Pamela atau yang biasa disapa Lala.

Selanjutnya kita dapat menarik diri sejenak, untuk kemudian mengakui dan memeluk berbagai macam perasaan yang ada, baik kecewa, marah, syok, dan sebagainya.

Baca Juga: Tips Pintar Atur Emosi Menghadapi Pasangan yang Suka Berbohong

Ajak Suami Bicara