Kurangi Garam di Setiap Rutinitas Makan Sehari-hari dan Ini yang akan Terjadi

By Alsabrina, Rabu, 13 April 2022 | 04:00 WIB
Garam (iStock)

NOVA.id - Bagi kita yang ingin meningkatkan kualitas hidup — terutama dalam hal kesehatan jantung — mencoba mengurangi konsumsi garam dalam rutinitas makan sehari-hari bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hal tersebut juga ditunjukkan melalui sebuah studi baru dari University of Alberta.

Disebutkan, menurunkan asupan natrium ternyata memiliki hasil yang lebih baik daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Sebelumnya, American Heart Association (AHA) merekomendasikan pembatasan asupan natrium menjadi 2.300 mg per hari, dengan 1.500 mg sebagai batas harian yang ideal.

Nah, studi yang diterbitkan di Lancet ini melibatkan lebih dari 800 peserta di enam negara berbeda, yang semuanya belum pernah mengalami gagal jantung.

Selama 12 bulan, satu kelompok peserta menurunkan asupan natriumnya dari sekitar 2.286 mg menjadi 1.658 mg per hari.

Lalu, kelompok lainnya menurunkan asupannya dari 2.119 mg menjadi 2.073 mg per hari.

Para peneliti kemudian menemukan, membatasi natrium tidak hanya mengurangi kejadian klinis seperti masuk ke ruang gawat darurat atau rawat inap.

Namun, kelompok yang makan lebih sedikit natrium juga memiliki kualitas hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Baca Juga: Tinggal Pakai Bahan Ini, Karang Gigi Langsung Rontok Tak Bersisa

Para peneliti pun mengukur kualitas hidup menggunakan skor keseluruhan pada Kansas City Cardiomyopathy Questionnaire (KCCQ).

Ilmuwan menanyakan para responden tentang bagaimana kesehatan jantung memengaruhi kenikmatan hidup, kelelahan, tidur, dan gaya hidup secara keseluruhan.