Lovecare Indonesia, Marketplace Pertama di Indonesia yang Sediakan Jasa Profesional Kesehatan

By Presi, Sabtu, 23 April 2022 | 06:01 WIB
LoveCare (dok. LoveCare)

 

NOVA.id - Lovecare Indonesia merupakan marketplace pertama di Indonesia yang menyediakan aplikasi penyedia jasa profesional kesehatan, seperti perawat, caregiver, dan babysitter untuk lansia dan anak-anak.

LoveCare menghubungkan dan mencocokkan penyedia jasa medis maupun nonmedis dengan pengguna jasa berdasarkan kebutuhan, lokasi, dan preferensi secara aman, cepat, dan nyaman. LoveCare yang didirikan pada tahun 2019, lahir dari pengalaman pribadi, serta keinginan untuk melayani dan membuat perubahan di sektor layanan kesehatan.

Didirikan oleh Veronica Tan, Annette Anhar, Susah Nio, Dr. Venita Eng, dan Renold Sutadi, LoveCare berhasil memenangkan UN Women Care Accelerator pada tahun 2021.

Sejak 2019, LoveCare telah menjadi wadah yang memberikan dampak nyata bagi para keluarga Indonesia.

“Saya mendapat inspirasi ketika saya pertama kali mengenal kata “paliatif”, yaitu pelayanan kualitas hidup pada pasien terminal yang tidak hanya memerlukan medical treatment tetapi mereka membutuhkan pelayanan holistik yang memakai hati," kata Veronica.

Veronica menilai, kebutuhan akan tenaga perawat dan caregiver selalu ada di mana-mana. Namun, kenyataannya, tidak mudah mendapatkan tenaga perawat dan caregiver ini.

"Itulah awalnya Lovecare dibuat, untuk menyediakan tenaga perawat untuk balita sampai lansia yang memiliki ketulusan, serta kasih dan sayang dalam merawat pasiennya dengan basis teknologi. Aplikasi lovecare ini mempertemukan kebutuhan klien dari berbagai kota, dengan tenaga perawat balita hingga lansia berkompetensi yang berada di berbagai daerah," kata Veronica.

Namun ternyata, tidak mudah mendapatkan tenaga perawat dan caregiver homecare.

Baca Juga: Cara Hadapi Teman yang Depresi, Yuk Pintar Atur Emosi dengan Tips Ini!

"Di sisi lain, saya juga dikelilingi kerabat dan teman-teman anak muda yang fokus di dunia digital dan memiliki hati yang sama untuk melakukan pekerjaan yang memerlukan mental kuat untuk melakukan perubahan," ujar Veronica.

"Saya berpikir, sepertinya akan jadi mudah ya, kalau ada aplikasi yang bisa mempertemukan pasien atau keluarganya dengan tenaga caregiver ini. Bayangan saya seperti Gojek tapi buat caregiver," sambungnya.

Namun, Veronica menyadari bahwa mencari tenaga caregiver harus disiapkan dengan baik, mengingat orangtua, keluarga dan bayi merupakan anugerah dalam kehidupan.