Minat Liburan di Indonesia Makin Tinggi, Destinasi Internasional Naik 10 Kali Lipat

By Siti Sarah Nurhayati, Sabtu, 18 Juni 2022 | 14:58 WIB
Ilustrasi liburan bersama anak (The Daily Meal)

NOVA.id - Seiring dengan pelonggaran kebijakan pemerintah terhadap perjalanan dan wisata, Traveloka, lifestyle superapp di Asia Tenggara, kembali sukses menyelenggarakan EPIC Sale yang keenam mulai 31 Mei hingga 6 Juni 2022 kemarin. 

Menggandeng lebih dari 55.000 mitra di sektor perjalanan dan wisata, Traveloka mencatat peningkatan pemesanan hampir mencapai 2 kali lipat dibandingkan EPIC Sale sebelumnya pada Oktober 2021.

Peningkatan juga terjadi pada jumlah pengunjung harian aplikasi Traveloka selama EPIC Sale berlangsung yaitu mencapai lebih dari 160% dimana beragam penawaran potongan diskon hingga 80% untuk berbagai produk dan layanan dapat dinikmati.

Selain peningkatan jumlah pemesanan, selama periode EPIC Sale keenam ini, Traveloka melihat adanya tren peningkatan Staycation sebagai opsi liburan di akhir pekan dan libur sekolah tengah tahun selama periode akhir Juni hingga awal Juli nanti.

Sebagai pelopor sistem pembayaran Buy Now Pay Later (BNPL) di Indonesia, Traveloka juga mencatat penggunaan PayLater tertinggi selama periode EPIC Sale untuk transaksi hotel sepanjang semester pertama 2022.

Kenaikan juga terjadi pada pembelian asuransi perjalanan sebesar 3 kali lipat dibanding semester kedua 2021.

Traveloka EPIC Sale 2022 ()

Selain itu, dengan mulai dibukanya perbatasan dan penerbangan internasional, periode EPIC Sale kali ini juga menunjukkan adanya peningkatan minat konsumen terhadap destinasi internasional sebesar 10 kali lipat dibandingkan dengan periode EPIC Sale sebelumnya pada Oktober 2021 dengan negara-negara favorit warga Indonesia termasuk Singapura, Malaysia, dan Thailand.

EPIC Sale sendiri merupakan bentuk komitmen Traveloka untuk menempatkan konsumen sebagai prioritas. Peningkatan pemesanan yang hampir mencapai 2 kali lipat dibanding EPIC Sale Oktober lalu menegaskan EPIC Sale semakin diminati dan dinantikan oleh masyarakat Indonesia.

Selain itu, hal ini menunjukkan semakin tumbuhnya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan di tengah semakin terkendalinya situasi dan pelonggaran kebijakan pemerintah.

Baca Juga: Tips Jelajah 5 Destinasi Wisata Super Prioritas di Indonesia, dari Candi hingga Pantai

 

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya EPIC Sale. Terlebih dari itu, program EPIC Sale dan inisiatif-inisiatif kami lainnya juga merupakan bentuk komitmen Traveloka untuk senantiasa terdepan dalam mendukung upaya pemerintah mempercepat pemulihan pariwisata nasional," jelas Albert, Co-Founder, Traveloka. 

Selama 7 hari program EPIC Sale berlangsung, Traveloka mencatat produk yang paling diminati pengguna adalah Akomodasi seperti hotel, resort, dan vila, Transportasi seperti tiket pesawat, kereta api, dan bus, serta Xperience untuk layanan atraksi, Spa & Kecantikan dan Taman Bermain (playground).

Jakarta, Bandung, dan Bali menjadi kota yang paling diminati untuk produk akomodasi, tiket pesawat, transportasi darat, dan Xperience.

Traveloka EPIC Sale 2022 ()

Aktivitas yang paling diminati oleh pengguna selama periode ini adalah staycation, berburu diskon makanan di Traveloka EATS, naik pesawat untuk healing ke Bali dan shopping ke Singapura, mengunjungi playground dan taman hiburan bersama anak hingga menikmati pemandangan indah di dalam kereta api yang membawa ke destinasi wisata.

Melalui program EPIC Sale, Traveloka juga memperkuat posisinya sebagai perusahaan teknologi.

Dengan memanfaatkan program EPIC Live, para mitra memberikan penawaran menarik melalui live streaming di aplikasi dan akun media sosial Traveloka yang kali ini terdapat kenaikan jumlah viewer hingga dua kali lipat dibandingkan dengan periode EPIC Sale pada Oktober 2021.

“Sebagai #TemanHidup masyarakat Indonesia, Traveloka akan terus menghadirkan inovasi-inovasi yang dapat memberikan solusi gaya hidup terbaik dan relevan kepada konsumen."

"Selain itu, kami juga membuka diri untuk menjalin kolaborasi dengan banyak pihak untuk mewujudkan transformasi digital di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif demi mewujudkan pelaku industri yang memiliki daya saing untuk menghadapi tantangan yang akan datang,” tutup Albert.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store. (*)