NOVA.id - Sebagai pengusaha, kita harus tahu strategi-strategi yang bisa meningkatkan penjualan.
Salah satu caranya yaitu dengan membuat konten kreatif.
Ya, konten kreatif dapat menarik minat calon pelanggan untuk bisa menggunakan barang atau jasa yang kita tawarkan.
Ada banyak platform yang bisa kita gunakan untuk mempublikasikan bisnis.
Namun, salah satu platform favorit yang menjadi favorit para pebisnis pemula adalah web.
Blog menjadi favorit karena memiliki ruang yang luas untuk menampilkan berbagai bentuk informasi, mulai dari tulisan, foto, ilustrasi, dan video.
Terdapat banyak jenis konten kreatif yang bisa dijadikan konten blog untuk memperluas pasar potensial.
Bagi Sahabat NOVA yang ingin mulai mengembangkan laman blog, kita bisa mencoba 4 jenis konten menarik ini untuk ditampilkan.
Yuk, simak jenis kontennya, seperti yang dilansir dari Growth Center Kompas Gramedia.
Baca Juga: Content Creator Ini Bagikan Rahasia Bikin Konten Outdoor yang Menarik
1. Ulasan tentang produk atau jasa
Pembeli akan mencari review atau ulasan produk sebelum memutuskan untuk membeli.
Nah, kita sebagai penjual bisa menciptakan konten kreatif yang menyajikan ulasan produk.
Kita cukup mendeskripsikan produk atau jasa secara detail dan menarik.
Gunakan pula bahasa yang mudah dimengerti.
Di samping mengulas produk secara mandiri, kita juga bisa menciptakan segmen khusus yang berisikan ulasan-ulasan dari pelanggan.
Langkah ini bisa meningkatkan nilai kredibilitas terhadap bisnis yang kita jalani.
2. Tutorial, tips dan trick
Konten yang berupa tutorial dan juga tips and trik bisa menjadi angin segar bagi sebuahblog.
Baca Juga: Tips Pintar Atur Uang Bisnis ala Najla Bisyir, Sukses Kembangkan Bittersweet by Najla
Pasalnya, kita bisa mengombinasikan antara artikel dengan video yang menunjukkankeunikan dan kelebihan dari fungsi produk yang dijual.
Konten sejenis ini bisa menjadi nilai tambah yang mendorong keinginan calon pelanggan untuk merasakan langsung pengalaman dengan produk yang ditampilkan.
3. Kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ)
Sebagian orang merasa enggan untuk mengutarakan pertanyaan secara langsung.
Sehingga, mereka memilih untuk berselancar ke internet demi mencari jawabannya.
Kita bisa menjawab kebutuhan calon pelanggan denga membuat konten Frequently Asked Question (FAQ) tentang produk atau jasa yang kita tawarkan.
Dengan adanya FAQ, kita akan membantu menjawab pertanyaan dan keragu-raguan yang dimiliki oleh pelanggan.
Segmen FAQ juga bisa meringankan pekerjaan kita sebagai pemilik bisnis karena tidak harusmenjawab pertanyaan yang sama berulang kali.
Baca Juga: Pintar Manfaatkan Ladang Bisnis, Beberapa Zodiak Ini Hidupnya Cuan Terus!
4. Giveaway produk
Jenis konten yang satu ini tidak asing lagi dan selalu ditunggu di kalangan pengguna mediasosial.
Kita bisa mengarahkan pengguna media sosial untuk mengunjungi blog bisnis kitadan melakukan interaksi ataupun engagement di sana.
Sesuaikan momentum, syarat ketentuan, dan langkah partisipasi giveaway dengan target yang ingin dicapai, misalnya untuk mempromosikan produk atau jasa yang baru saja diluncurkan.
Konten giveaway juga terbukti bisa menggaet followers baru di media sosial, potensi customer baru, hingga meningkatkan trafik laman blog bisnis kita.
Nah, itulah 4 jenis konten kreatif yang bisa dibuat di blog.
Optimalisasi penulisan blog bisa memberikan banyak manfaat, termasuk bagi performa bisnis.
Akan tetapi, tidak setiap orang memiliki kemampuan mendasar mengenai penulisan blog yang efektif.
Kognisi.id by Kompas Gramedia mengajak Sahabat NOVA untuk belajar bersama dalam kelas Prakerja “Menciptakan Konten Kreatif Melalui Blog”.
Baca Juga: Tips Usaha Makanan Korea Gerobakan, Berhasil Ekspansi 70 Cabang dalam 3 Tahun
Difasilitasi oleh Chief Operating Officer (COO) Kompasiana Nurulloh, kelas ini akan menyuguhkan pengetahuan menyeluruh terkait strategi konten, konsep SEO, hingga langkah-langkah monetisasi pada blog.
Selamat belajar!
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)