Patahkan Stigma Tabu Menstruasi, Yoona Luncurkan Pembalut Organik

By Dinni Kamilani, Selasa, 28 Juni 2022 | 14:01 WIB
Yoona Berbagi Pesan Never Settle for The Less Sekaligus Luncurkan Pembalut Organik Berbahan Cotton 100% ()

NOVA.id - Menstruasi merupakan kondisi biologis yang natural dan sehat bagi para perempuan, sayangnya hal ini masih sangat tabu untuk dibicarakan.

Seringkali pembicaraan tentang menstruasi dianggap kotor dan memalukan oleh lingkungan sekitar. Dampaknya, hanya 25% anak dan remaja perempuan usia 10-24 tahun yang benar-benar memahami tentang siklus penting ini. 

Beranjak dari hal tersebut, Yoona, perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan wanita, pada hari ini mengedukasi Wanita Indonesia melalui pesan Never Settle for Less, sebuah pesan yang mengingatkan bahwa perempuan berharga.

Dan berhak mendapat yang terbaik sekaligus meluncurkan pembalut organik bebas iritasi berbahan 100% organic cotton dengan teknologi Anion Strip.

Selain itu, Yoona juga berkomitmen untuk mengedukasi wanita Indonesia melalui ragam konten menarik seputar kewanitaan.

Baca Juga: Menginspirasi Perempuan Daerah, Donna Prive Resmikan Butik di Makassar

“Sebagai seorang perempuan dan ibu dari 2 anak remaja perempuan, saya melihat edukasi mengenai siklus menstruasi menjadi salah satu pintu untuk para perempuan mengenal dirinya lebih dalam.

Karena bukan hanya sekadar kondisi biologis, dengan mengerti sepenuhnya perihal menstruasi, kita juga akan lebih memahami siklus hormon dan kesehatan diri kita yang pastinya akan berdampak baik pada produktivitas sehari-hari,” tutur Susanna Angraini, salah satu Founder dan CEO dari Yoona Digital Indonesia. 

Topik menstruasi yang jarang dan sungkan diperbincangkan dalam aktivitas sehari-hari ternyata berdampak besar bagi para wanita dalam cara mereka memahami pilihan produk pembalut. 90% wanita pernah mengalami iritasi saat menggunakan pembalut.

Namun, seringkali mereka merasa, iritasi saat menggunakan pembalut adalah hal normal selama tidak mengganggu kegiatan sehari-hari dan tidak nyaman adalah salah satu elemen terduga yang pasti dirasakan saat menstruasi.

Adrianto Hermawi, salah satu Founder dari Yoona Digital Indonesia dan salah satu ex Venture Capitalist ternama Indonesia juga menuturkan bahwa potensi pasar yang besar ada di Indonesia di segmen kesehatan wanita (Global Feminine Hygiene category) ini.

Baca Juga: Perawatan Tradisional untuk Atasi Sakit Perut Saat Menstruasi, Bisa Dicoba di Rumah!

Trend global menyatakan produk pembalut organik akan terus berkembang dan diadopsi oleh perempuan usia 26-40 tahun untuk alasan kesehatan dan ramah lingkungan.

Asia menjadi salah satu bagian penting yang diproyeksikan mendorong percepatan penetrasi produk organik. “Kami menghadirkan produk organik yang sesuai dengan minat wanita Indonesia dan menggunakan D2C Business Model (direct to consumer).

Tujuannya sederhana, kami mau memberikan pilihan produk dengan kualitas terbaik dan tetap terjangkau bagi konsumen.”

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa pihaknya memberi fokus penuh pada inovasi produknya. Hal ini dilatarbelakangi oleh seringnya mendengar isu iritasi dan rasa tidak nyaman.

Sehingga mendorong pihaknya untuk menyediakan produk yang solutif untuk mengatasi masalah iritasi, bau, dan lembab sebagai beberapa elemen tidak nyaman saat menstruasi, mengingat bahwa pembalut yang tipis dan lentur sudah cukup umum sehingga perlu adanya nilai tambah yang bermanfaat bagi konsumen.

Baca Juga: Amankah Seks Saat Menstruasi? Waspada Risiko Penyakit Ini

Yoona menyediakan pembalut dalam 3 varian -Night Pads, Day Pads, dan Pantyliners. Yoona Period Pads terbuat dari 100% Organic cotton agar permukaannya lembut dan tanpa bahan kimia seperti klorin dan bleach yang seringkali memicu reaksi iritasi.

Selain itu, Yoona dilengkapi dengan Anion Strip Technology yang membantu mengurangi bau, dan didukung dengan lapisan pembalut yang berdaya serap tinggi untuk menghindari rasa lembap saat heavy flow

Yoona juga menggandeng Patricia Stephanie sebagai Brand Ambassador untuk mengkampanyekan edukasi tentang menstruasi dan ajakan kepada para wanita untuk “Never Settle for Less”.

“Saat dijelaskan tentang produk dan value dari Yoona, aku tertarik banget karena sangat relevan sama kehidupanku dan para wanita Indonesia. Kita butuh produk revolusioner seperti ini, bagus dan tetap terjangkau agar punya pengalaman menstruasi bulanan yang lebih baik”, ungkapnya.

Baca Juga: Tak Pakai Obat, Ini 5 Cara Aman dan Ampuh Mengatasi Sakit Perut saat Menstruasi

 

Senada dengan Patricia, Aveline Agnes, salah satu influencer Instagram yang juga dikenal karena aspirasinya pun menuturkan, “Saat diceritakan tentang kampanye Never Settle for Less, saya merasa bahwa hal tersebut sangat empowering, sesuai dengan trend sekarang dimana wanita perlu untuk berani bersuara dan berani mengeksplorasi opsi-opsi terbaik untuk hidupnya."

"Tidak hanya tentang menstruasi, tapi pesan ini juga relevan dengan nilai hidup sehari-hari, seperti pembahasan tentang pola hidup sehat, pilihan lingkungan pertemanan, pasangan hidup, sampai ke aktivitas hidup sehari-hari; intinya know your worth then Never Settle for Less than you deserve," sambungnya.

Di penghujung acara peluncuran yang diadakan secara virtual, Susan kembali menuturkan, “Pembalut jadi teman setia kita setiap bulan dan berinteraksi langsung dengan kulit kita saat menstruasi. Maka Yoona menciptakan produk yang Zero Chlorine, Zero Bleach untuk mengurangi resiko iritasi. Sehingga sekarang, wanita Indonesia bisa mendapatkan pengalaman menstruasi yang lebih baik”

Baca Juga: Jangan Mencukur Bulu Kemaluan Jika Miss V dalam 6 Kondisi Ini, Bisa Bahaya

Yoona Period Pads dapat dibeli satuan per pack ataupun dengan cara berlangganan melalui website di yoona.

Adapun untuk mendukung peningkatan literasi menstruasi dan kesehatan wanita, Yoona juga aktif membagikan konten edukasi menarik melalui laman instagramnya yang dapat diakses @yoonawomen.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)