Ternyata Ini Penyebab Suhu Dingin di Berbagai Wilayah Indonesia, BMKG Sebut Normal

By Ratih, Selasa, 19 Juli 2022 | 16:01 WIB
Ilustrasi suhu dingin di Indonesia (primeimages)

NOVA.id - Belakangan ini suhu dingin di Indonesia terasa ganjil bagi sebagian orang.

Pasalnya, bulan Juli seharusnya memasuki musim kemarau dan cuaca lebih panas.

Menjawab keresahan ini, BMKG menjelaskan penyebab suhu dingin yang melanda beberapa wilayah di Indonesia.

Diketahui, suhu udara di Indonesia sejak Sabtu (16/07) pukul 07.00 WIB hingga Minggu (17/07) pukul 07.00 WIB ada di rentang 14,2-21,5 derajat Celcius.

Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Miming Saepudin menyebut ini hal yang normal.

Penyebab suhu udara dingin sebetulnya merupakan fenomena alamiah yang umum terjadi di bulan-bulan puncak musim kemarau, yakni Juli-September.

Periode ini ditandai pergerakan angin dari arah timur yang berasal dari benua Australia di mana di sana tengah berlangsung musim dingin.

Ia melanjutkan, adanya pola tekanan udara yang relatif tinggi di Australia menyebabkan pergerakan massa udara dari Australia menuju Indonesia.

Hal ini dikenal dengan istilah Monsoon Dingin Australia.

Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Akhir Pekan Ini: Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Sejumlah Wilayah Indonesia

Monsoon Dingin Australia bertiup menuju wilayah Indonesia melewati perairan Samudera Indonesia memiliki suhu permukaan laut juga relatif lebih dingin.