Penderita Diabetes Rentan Alami Cacar Monyet, Begini Penjelasan Dokter

By Presi, Selasa, 30 Agustus 2022 | 12:50 WIB
Illustrasi cacar monyet ()

NOVA.id - Penyakit cacar monyet atau monkeypox lebih rentan menginfeksi seseorang yang memiliki faktor risiko.

Dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, CHt, FINASIM mengatakan, ada empat tipe orang yang rentan terpapar virus cacar monyet, yakni:

Terkait poin terkahir, Jeff mengatakan, kekebalan yang melemah ini terdiri dari innate dan adaptive.

Innate ini contohnya adalah kekebalan yang diperantarai oleh sel makrofag dan lainnya. Sedangkan adaptive adalah kekebalan yang diperantarai oleh limfosit sel B dan sel T.

"Kelemahan dari imunitas atau kekebalan ini menyebabkan virus monkeypox mudah masuk ke dalam tubuh penderita diabetes sehingga lebih rentan terjadi infeksi dan bermanifestasi menjadi gejala”, jelas Jeff dalam keterangan yang diterima NOVA, Selasa (29/08).

Jeff menjelaskan, penderita gangguan imun seperti penyakit autoimun khususnya diabetes, berisiko mengalami infeksi parah ketika terkena cacar monyet.

Itu bisa terjadi karena penderita diabetes mengalami hiperglikemia alias kelebihan gula yang menyebabkan disfungsi dari respon imun ketika melawan kuman-kuman, termasuk virus cacar monyet.

“Memang pada penderita diabetes itu kan terjadi perubahan dari sel-sel kekebalan yang disebut dengan cell-mediated immunity dan yang kedua dari antibodi atau antibody-mediated immunity, perubahan yang terjadi berupa penurunan pada keduanya."

"Nah untuk cell-mediated ini biasanya itu yang menurun adalah fungsi sel makrofag, di mana sel tersebut memiliki untuk membunuh virus yang masuk, termasuk virus cacar monyet ini," tambahnya.

Andai kata penderita diabetes terpapar virus cacar monyet, harapan sembuh dan pulih tetap ada.

Baca Juga: Orang yang Lahir Sebelum Tahun 1980 Kebal Cacar Monyet? Ini Faktanya

Tetapi yang harus menjadi perhatian adalah, ketika menjalani pemulihan, perlu dilakukan upaya untuk menstabilkan kadar gula darah.