NOVA.id - Sebagai pebisnis, kita harus tahu cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.
Pasalnya, pelanggan atau customer merupakan faktor penting yang bisa menentukan kesuksesan bisnis kita.
Dengan membangun hubungan yang baik, kita bisa mempertahankan loyalitas pelanggan.
Apalagi jika pelanggan merasa senang atau puas atas bisnis kita. Mereka akan berpotensi merekomendasikan bisnis kita ke orang lain.
Melansir Entrepreneur, berikut ini beberapa cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.
1. Berkomunikasi
Komunikasi adalah kunci membangun hubungan yang baik, termasuk dalam hal bisnis.
Cobalah mengajak pelanggan untuk berkomunikasi langsung.
Cari tahu apa yang dibutuhkan pelanggan, lalu tunjukkan kepada mereka bahwa kita memiliki solusi untuk masalah mereka.
Jika Sahabat NOVA memiliki karyawan, ajari mereka melakukan cara berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan.
Lebih baik membangun komunikasi yang baik, daripada mendapat keluhan dan kritikan dari pelanggan di akhir.
Baca Juga: Sukses Berbisnis Dengan Pemanfaatan Teknologi, Berikut 3 Langkah yang Bisa Dilakukan!