Bukan Akhir Segalanya, Ini Cara Menghadapi Menopause agar Hidup Tetap Menyenangkan

By Ratih, Sabtu, 22 Oktober 2022 | 09:32 WIB
Menopause (ilustrasi) (istock)

NOVA.id - Dalam rangka memperingati Hari Menopause Sedunia (World Menopause Day) 2022, Perkumpulan Menopause Indonesia atau PERMINESIA mendukung International Menopause Society (IMS) dalam kampanye dengan tema ‘Cognition and Mood’.

Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kondisi menopause khususnya yang berhubungan dengan daya pikir (kognitif) dan pengelolaan emosi.

Perubahan kognitif dan psikologi ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada tubuh perempuan menopause.

Perkumpulan Menopause Indonesia atau PERMINESIA mengajak perempuan Indonesia untuk memiliki kehidupan setelah empat puluh tahun (KESEMPATAN) yang dan sehat dan bahagia.

Penting untuk melakukan deteksi dini gejalagejala yang terjadi pada perempuan menopause agar tidak terjadi penurunan kualitas hidup.

Gangguan kognitif merupakan gejala yang paling umum dialami setidaknya 44-62% populasi.

Perubahan hormon pada perempuan dalam masa menopause menyebabkan penurunan kemampuan berpikir, yaitu mengalami kondisi lupa sesaat atau ‘Brain fog’, kesulitan memilih kata (verbal fluency), dan penurunan daya ingat.

Selain itu, perubahan hormon seperti estrogen, FSH dan LH, serta fluktuasi prolaktin dan kortisol menjadi penyebab gejala stress, kecemasan, dan depresi dialami oleh perempuan dalam masa menopause.

Dalam masa perimenopause dan postmenopause, setidaknya perempuan mengalami peningkatan risiko 2 sampai 4 kali untuk mengalami depresi.

Dalam sambutannya pada Virtual Press Conference hari ini, dr. Achmad Mediana, Sp.OG, Sekretaris Jendral Perkumpulan Menopause Indonesia (PERMINESIA) menyatakan, "PERMINESIA ingin memberikan informasi seluas-luasnya tentang pentingnya menumbuhkan kesadaran dalam masyarakat dan menyiapkan tenaga ahli yang mampu memberikan pedoman dan acuan dasar bagi perempuan dalam memasuki masa menopause di usia 40 hingga 60 tahun agar tetap terjaga kesehatan jiwa dan raganya."

"PERMINESIA yang merupakan organsasi yang mewadahi dokter- dokter dan tenaga medis yang berkonsentrasi pada Perkumpulan Menopause Indonesia, mempunyai tujuan yaitu ikut meningkatkan derajat Kesehatan bangsa Indonesia dan mengupayakan peningkatan kualitas hidup perempuan pre menopause, menopause, dan pasca menopause melalui pengembangan ilmu Kesehatan dan IPTEK kedokteran terutama yang berkaitan dengan masalah menopause," tutur dr. Achmad.

Baca Juga: Bukan Hal Mustahil, Hubungan Intim Setelah Menopause Tetap Bergairah dengan Tips Ini