NOVA.id - Inovasi bisnis menjadi penting untuk melanggengkan usaha yang kita tekuni.
Inovasi bisnis ini terus terlihat jelas dalam persaingan tren kopi kekinian Tanah Air yang kian menjamur.
Gebrakan dan inovasi bisnis yang menjadikan kepuasan pelanggan sebagai prioritas merupakan modal utama untuk bergerak maju di dunia bisnis F&B Indonesia.
Inovasi bisnis ini lah yang dilakukan Jiwa Group, yang dikenal melalui produk Kopi Janji Jiwa dengan selalu menghadirkan kopi lokal Indonesia yang memiliki cita rasa berkualitas dengan mengadopsi konsep farm to cup.
Janji Jiwa memakai biji kopi langsung dari petani kopi lokal untuk membangun kontinuitas pasokan, konsistensi produk dan stabilitas harga kopi.
Tujuannya untuk menjawab kesenjangan antara keterjangkauan, kenikmatan dan ketersediaan melalui kopi yang berkualitas dan menjadikan ngopi sebagai kesenangan sehari-hari yang terjangkau.
Sejak beroperasi pertama kali tahun 2018 hingga 2022 ini, Janji Jiwa terhitung telah memiliki lebih dari 900 jilid (sebutan untuk outlet Kopi Janji Jiwa) yang tersebar di lebih dari 100 kota di 33 provinsi Indonesia.
Janji Jiwa juga terus melakukan inovasi, salah satunya melalui kolaborasi bersama sejumlah brand atau figur populer.
Bukan hanya sekadar kolaborasi, Janji Jiwa juga selalu menghadirkan keseruan, kegembiraan dan keceriaan bagi para #temansejiwa melalui inovasi menu yang sedemikian unik dan kreatif yang disesuaikan dengan prefensi masyarakat.
Ini adalah kunci inovasi bisnis sehingga produk dapat semakin dicintai dan diminati oleh pelanggan.
Untuk diketahui, Jiwa Group telah menaungi 3 brand produk, selain kopi, ada Jiwa Toast dan Jiwa Tea yang sepanjang 2021 ini tercatat telah menjual 40 juta produk dengan peningkatan 2 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Selain meningkatkan kualitas layanan melalui inovasi menu, terus dilakukan juga inovasi melalui penggunaan teknologi.
Adopsi teknologi dalam model bisnis coffee chain memiliki daya dobrak yang memberikan pembuktian bagi pertumbuhan bisnis ini.
Peran kanal digital sangat penting, terutama penggunaan media sosial untuk engagement dengan pelanggan, hingga integrasi dengan platform online marketplace dan food delivery.
Bahkan, saat ini sudah ada juga aplikasi JIWA+, untuk mendukung model "grab & go" yang sejak awal menjadi khas Kopi Janji Jiwa dan Jiwa Toast.
Semua gebrakan, inovasi dan kerja keras itu tentunya tidak pernah sia-sia.
Terbukti, melalui value “A Cup for the Farmers, A Cup for the Partners, and A Cup for the People”, Janji Jiwa dipercaya sebagai satu-satunya kedai kopi lokal yang mendapatkan penghargaan dari MURI 2019 dan Top Brand di tahun 2020 & 2021.
Tidak hanya mendapatkan kepercayaan sebagai merek lokal paling bergengsi dan top dari organisasi dalam negeri, Janji Jiwa dan Jiwa Toast berhasil meraih gelar Brand of The Year dari World Branding Awards (WBA) 2022-2023 untuk dua kategori, yakni Retailer Coffee untuk Janji Jiwa dan Cafe Chain untuk Jiwa Toast.
Baca Juga: Bisnis Ghost Kitchen Diprediksi Makin Tren, Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!
Ajang tahunan WBA kembali digelar secara offline di London, Inggris pada 3 November 2022. Lebih dari 100,000 konsumen yang tersebar di 45 negara, telah memilih brand favorit mereka.
Dari proses pemilihan ini, terdapat lebih dari 3,500 merek yang masuk sebagai nominasi, tetapi hanya 206 merek yang mendapatkan titel Brand of the Year.
Para pemenang ajang bergengsi ini telah melewati tahap penjurian secara ketat antara lain penilaian brand, riset pasar konsumen, dan voting publik.
Rata-rata, hanya ada lima pemenang per negara pada ajang tahun ini.
WBA diselenggarakan oleh World Branding Forum (WBF), organisasi nirlaba global yang fokus menghargai kerja keras dan kesuksesan sejumlah produk global dan nasional.
“Menjadi suatu kehormatan bagi kami meraih gelar Brand of The Year dari World Branding Awards 2022- 2023 untuk dua kategori sekaligus, yakni Retailer Coffee untuk Janji Jiwa dan Cafe Chain untuk Jiwa Toast. Pencapaian ini tentu tidak terlepas dari partisipasi dan dukungan para konsumen. Kami berkomitmen penghargaan ini akan menjadikan brand kami semakin dipercaya dan loyalitas konsumen tetap terjaga dengan baik,” ujar Billy Kurniawan, CEO dan Founder Jiwa Group yang menghadiri secara langsung acara di London tersebut.
Wah, selamat ya Jiwa Grup atas prestasi global, buah dari inovasi bisnis yang manis.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA, setiap Kamis siang.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)