8 Makanan yang Memperlambat Tanda-Tanda Penuaan, Dijamin Enak

By Alsabrina, Minggu, 18 Desember 2022 | 16:03 WIB
(Ilustrasi) Makanan yang memperlambat penuaan (dok. freepik.com)

NOVA.id - Ada beberapa makanan yang bisa memperlambat tanda-tanda penuaan lo, Sahabat NOVA!

Seperti yang kita tahu, organ terbesar di tubuh kita adalah kulit. Ini juga menjadi bagian utama dari tubuh yang menunjukkan adanya masalah kesehatan.

Kulit bisa memunculkan tanda-tanda tertentu yang tak lazim. Bahkan, seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan kian muncul.

Gari-garis halus, kulit kusam, warna kulit tidak merata merupakan beberapa contoh tanda penuaan yang kerap dialami banyak orang.

Penuaan memang tidak bisa dihindari, namun tetap ada cara agar kita bisa terlihat lebih muda.

Selain menggunakan skincare teratur, kita juga harus mengubah pola makan kita. Ya, beberapa makanan memang bisa memperlambat tanda-tanda penuaan. Apa saja?

1. Pepaya

Buah tropis yang satu ini termasuk ke dalam superfood, yakni makanan yang kaya akan segala nutrisi.

Pepaya diketahui mengandung antioksidan, banyak vitamin, dan mineral yang bisa membantu memperbaiki elastisitas kulit dan meminimalisir kemunculan garis-garis halus dan kerutan.

Berbagai macam antioksidan dalam pepaya membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan dapat memperlambat tanda-tanda penuaan.

Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain, yang memberikan manfaat anti-penuaan tambahan dengan bekerja sebagai salah satu agen anti-inflamasi alami terbaik.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Air Kelapa Bisa Mencegah Tanda-Tanda Penuaan