Tips Agar Stok Makanan di Kulkas Lebih Awet dan Terjaga Nutrisinya

By Yussy Maulia, Selasa, 28 Februari 2023 | 10:07 WIB
Makanan di kulkas harus disimpan dengan baik agar terjaga kualitas dan nutrisinya. (Dok. Istimewa)

Nova.ID – Setelah berbelanja, sebagian bahan makanan yang Sahabat NOVA beli biasanya tidak langsung dimasak dan harus disimpan di kulkas. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dan kesegaran makanan, terutama untuk bahan segar, seperti sayur, buah, dan daging.

Selain itu, menyimpan stok makanan di kulkas juga dapat mempertahankan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Pasalnya, beberapa nutrisi dapat rusak atau hilang ketika makanan terpapar udara terbuka atau disimpan dalam suhu ruangan.

Meski begitu, Sahabat Nova perlu memastikan stok makanan disimpan dengan baik di kulkas agar kualitas dan nutrisinya tetap terjaga. Selain itu, makanan yang disimpan secara tidak benar di kulkas berisiko terkena kontaminasi silang.

Melansir laman Canadian Institute of Food Safety, kontaminasi silang merupakan perpindahan mikroorganisme, termasuk bakteri dan virus, dari suatu substansi ke substansi lain.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Kulkas dengan Satu Bahan Saja, Pasti Ampuh!

Pada makanan yang disimpan di kulkas, kontaminasi silang rentan terjadi. Pasalnya, bakteri atau virus dari satu makanan dapat berpindah dengan mudah ke makanan lain yang posisinya berdekatan.

Makanan yang terkontaminasi bakteri atau virus dari makanan lain biasanya lebih cepat membusuk. Lebih buruknya lagi, makanan tersebut bisa menimbulkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi.

Nah, begini tips menyimpan stok makanan di kulkas agar lebih awet dan tetap terjaga nutrisinya, serta meminimalisasi adanya kontaminasi silang antar-makanan.

  1. Perhatikan suhu kulkas

Suhu dingin di kulkas dapat memperlambat pertumbuhan bakteri sehingga makanan lebih awet dan segar. Jika suhu kulkas terlalu hangat atau lembap, makanan bisa cepat membusuk dan basi.

Baca Juga: Cara Memasak Daging untuk Bistik, Simpan Dulu di Kulkas Selama 30 Menit

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), suhu kulkas yang ideal adalah maksimal 4,4 derajat Celcius. Sedangkan untuk bagian freezer, sebaiknya atur suhu pada minus 18 derajat Celcius.

  1. Simpan makanan dalam wadah yang bersih dan tertutup

Untuk meminimalisasi adanya kontaminasi silang antar-makanan, Sahabat NOVA sebaiknya menyimpan stok bahan makanan dalam wadah yang bersih dan tertutup.