Mulai dari Kuliner hingga Mainan Anak, Begini Cantiknya Bisnis UMKM Jagoan Lokal #CantikPreneurship

By Yussy Maulia, Kamis, 23 Maret 2023 | 16:25 WIB
Ketiga juara #CantikPreneurship “SPF Mencari Jagoan Lokal Cantik” bersama CEO KG Media Andi Budiman dan founder J99 Corp, Gilang Widya Pramana. (Grid.ID)

Nova.id – Pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kini tengah menjadi fokus pemerintah. Pasalnya, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional.

Oleh sebab itu, pemerintah pun melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan daya tahan UMKM, terutama pada masa pandemi Covid-19. Sebut saja, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), mendorong pendanaan untuk UMKM, membantu digitalisasi UMKM, hingga meningkatkan eksposur produk UMKM dalam Presidensi G20.

Melihat pentingnya peran UMKM tersebut, Sekar Pelangi Foundation (SPF) yang merupakan bagian dari J99 Corp menggandeng KG Media menginisiasi program #CantikPreneurship: “SPF Mencari Jagoan Lokal Cantik”. Program tersebut merupakan mentorship atau pendampingan bagi pelaku UMKM, khususnya perempuan, untuk bisa meningkatkan skala bisnisnya (scale-up).

Rangkaian program dimulai dari kick-off dan networking. Kemudian, bootcamp yang menghadirkan mentor dari berbagai bidang, yakni co-founder Krealogi Hanna Keraf, co-founder Ladang Lima Annisa Pratiwi, dan founder Womanpreneur Community Irma Sustika.

Adapun, bootcamp diisi dengan materi pengembangan penjualan (sales treatment), pengembangan profit (profit treatment), dan pengembangan diri (fearless treatment), yang apabila disingkat menjadi SPF Treatment.

Pada Rabu (15/3/2023), #CantikPreneurship: “SPF Mencari Jagoan Lokal Cantik” mencapai puncaknya, yaitu Final and Awarding. Sebanyak 12 perempuan pelaku UMKM yang terpilih sebagai finalis hadir untuk mempresentasikan proposal bisnis, hingga strategi dan rencana pengembangan bisnis.

Baca Juga: Ramalan Keuangan 2023: UMKM Perempuan Jadi Sekoci dalam Badai Resesi

Para mentor juga hadir sebagai juri. Selain itu, hadir pula founder J99 Corp Gilang Widya Pramana, mewakili sang istri, Shandy Purnamasari sebagai founder Sekar Pelangi Foundation dan MS GLOW.

“Saya ucapkan selamat kepada para finalis. Kalian hebat dan luar biasa karena bisa mengalahkan  ratusan peserta lainya. Saya sendiri merasakan visi empowering yang membesarkan wanita dalam program ini,” ujar Gilang.

Setelah proses penilaian yang intens, terpilih tiga juara utama. Bisnis yang dijalani oleh para Jagoan Lokal tersebut dapat dikatakan “cantik” karena sangat beragam. Juara 1 dimenangkan oleh Eka Mutia Komala, founder Aulian Kreasi Gemilang.

Aulian Kreasi Gemilang merupakan produsen dan distributor mainan serta peraga edukatif berbahan kayu untuk anak-anak. Saat ini Aulian Kreasi Gemilang sudah memiliki tujuh titik distribusi di tujuh provinsi dan 25 agen penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, Aulian Kreasi Gemilang juga bekerja sama dengan dinas pendidikan untuk menyediakan mainan edukatif di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD).