Siasati Rumah Sempit dengan Pencahayaan, Ini Kata Ahli

By Widyastuti, Sabtu, 15 April 2023 | 14:03 WIB
Ilustrasi tips membeli lampu yang tepat untuk lampu rumah. (Pornpak Khunatorn)

 

NOVA.id - Sebagai merek lampu LED besutan anak negeri, in-Lite berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan serta menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Indonesia melalui inovasi-inovasinya.

Dalam rangka mewujud nyatakan komitmennya untuk menyukseskan visi #TerangIndonesia, in-Lite secara aktif membagikan konten informatif dan edukatif bagi masyarakat melalui banyak medium, salah satunya dengan mengadakan Media Briefing bertajuk the Perfect Lighting Recipe for Your Home.

Acara ini dihadiri oleh para pakar guna memberikan inspirasi terkait tren terkini serta solusi dari permasalahan pencahayaan yang kerap kali dihadapi para pemilik hunian masa kini.

Lahan sempit serta sekat-sekat antar ruang masih menjadi permasalahan utama bagi pemilik yang hendak memaksimalkan ruang di hunian. Jika tidak diatur dengan baik, hal tersebut dapat membuat suasana dalam ruangan terasa sesak dan kurang nyaman.

Penataan ruang yang tepat menjadi sangat penting untuk memaksimalkan penggunaan ruangan, sehingga tetap terasa luas dan nyaman.

Salah satu trik yang dapat diaplikasikan adalah dengan menggunakan produk pencahayaan dan teknik yang tepat guna memberikan efek visual positif sekaligus memberikan kesan ruangan lebih luas serta nyaman.

Penerangan dalam desain interior bertujuan untuk membantu melihat obyek secara menyeluruh. Terdapat dua sumber penerangan, yaitu cahaya natural dan cahaya arsitektural.

Cahaya natural dapat dimaksimalkan dari bukaan ventilasi, sementara cahaya arsitektural dapat menjadi sumber penerangan pendukung yang berfokus pada kegiatan di dalam ruangan.

Selain pencahayaan, gaya hunian minimalis mengusung prinsip less is more dengan mengurangi elemen dekoratif yang berlebihan sehingga lebih fokus pada fungsi dan kepraktisan. Warna netral seperti putih, abu-abu, dan hitam menjadi pilihan utama untuk memberikan kesan ruangan lebih luas.

Baca Juga: VIDEO: Rumah Tiko Kembali Dialiri Listik dan Air, Netizen Ucap Rasa Syukur

General Marketing Manager in-Lite LED, Fransiska Darmawan mengungkapkan, “Saat ini, banyak orang yang memilih untuk tinggal di hunian dengan konsep compact living yang sangat efisien, mudah untuk dirawat, serta lebih ramah di kantong.

Dalam situasi ini, penting untuk memaksimalkan fungsi b runangan untuk memberikan tampilan luas yang lebih baik, salah satunya dengan menggunakan teknik pencahayaan yang tepat.