Wajib Tahu! Ini 5 Tips Menyimpan Makanan di Kulkas agar Tidak Cepat Basi

By Content Marketing, Kamis, 25 Mei 2023 | 13:22 WIB
Ilustrasi cara menyimpan makanan di dalam kulkas. (Shutterstock)

Nova.id – Menyimpan bahan makanan di kulkas kerap dilakukan untuk menjaga kesegarannya sehingga bisa diolah atau dikonsumsi di lain waktu. Praktik ini biasa dilakukan oleh orang-orang yang memilih belanja bahan makanan secara mingguan. 

Jenis bahan makanan yang disimpan beragam. Biasanya, bahan makanan berupa daging, buah, dan sayur.  Meski kulkas dapat menjadi tempat penyimpanan bahan-bahan makanan tersebut, setiap orang tetap perlu mengetahui cara penyimpanan yang tepat. 

Cara menyimpan makanan yang salah bisa membuat kualitas makanan menjadi menurun, hingga tidak layak dikonsumsi. Agar makanan tidak terbuang sia-sia, berikut cara menyimpan makanan di kulkas yang baik dan benar, seperti dikutip dari Openfit.

1. Pisah makanan sesuai jenis

Beberapa bahan makanan seperti daging, ikan, dan produk susu perlu disimpan di suhu dingin yang cukup rendah, yaitu sekitar 0-4 derajat Celcius.

Sementara, sayuran dan buah-buahan perlu disimpan di suhu yang lebih tinggi, yaitu sekitar 4-8 derajat Celcius.

Agar kedua jenis makanan tetap awet, produk ikan dan daging perlu disimpan di tempat bersuhu dingin, seperti freezer atau chiller.

Pastikan kedua bahan makanan sudah dibungkus dengan baik, serta diletakkan di tempat terpisah agar tidak terjadi kontaminasi silang.

Baca Juga: Cara Menyimpan Bahan Makanan Agar Tetap Segar Meski di Suhu Ruang

Bila perlu, Sahabat NOVA bisa menggunakan alat penyimpanan seperti toples plastik atau pouch khusus, sehingga kebersihan makanan tetap terjaga.

Jika memiliki kulkas dengan freezer berkapasitas luas, Sahabat NOVA juga bisa memberi sekat khusus antar makanan agar aroma makanan tidak tercampur. 

Hal ini juga berlaku ketika Sahabat NOVA akan menyimpan makanan lain di dalam freezer, seperti es krim, frozen food, atau sisa makanan.