Kabar Gembira untuk Ibu-Ibu! Pemerintah Bagikan Rice Cooker Gratis, Cek Syarat Penerimanya!

By Maulana Wildan Ibrahim, Minggu, 8 Oktober 2023 | 20:30 WIB
Pemerintah bakal bagikan rice cooker gratis, ini syarat penerimanya (iStock)

NOVA.ID - Ada kabar gembira nih Sahabat NOVA terutama untuk ibu-ibu!

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal membagikan alat masak berbasis listrik (AML) gratis kepada masyarakat.

Kabar ini seiring terbitnya Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga.

Aturan yang ditandatangani Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif tersebut diundangkan pada 2 Oktober 2023.

Pasal 1 ayat 1 Permen ESDM 11/2023 itu disebutkan bahwa alat memasak berbasis listrik atau AML yang dimaksud yakni untuk menanak nasi, menghangatkan makanan, dan mengukus makanan.

Melansir Kompas.com, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, rencana bagi-bagi rice cooker tersebut sebagai upaya pemerintah mendorong pemanfaatan energi bersih itu di seluruh sektor.

"Di sektor industri dan transportasi dengan mobil listrik, di rumah tangga juga kita dorong salah satunya dengan menggeser pemanfaatan yang misalnya sekarang dengan bahan bakar yang lain di geser ke listrik. Itu akan kita lakukan tahun ini," ujarnya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (06/10).

Sebagai informasi nih Sahabat NOVA, rice cooker yang akan dibagikan memiliki kapasitas pengenal 1,8 liter sampai dengan 2,2 liter.

Rice cooker pun nantinya dilengkapi stiker bertuliskan "Hibah Kementerian ESDM dan Tidak untuk Diperjualbelikan" yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dilepas.

Lantas bagaimana cara mendapat dan siapa saja syarat penerima rice cooker gratis dari pemerintah ini?

Syarat Penerima Rice Cooker Gratis

Secara rinci, pada Permen ESDM 11/2023 disebutkan penyediaan alat memasak berbasis listrik atau AML merupakan dari pemerintah yang merupakan insentif yang diberikan kepada rumah tangga yang memenuhi kriteria tertentu.