Kampanye Love Your Eyes at Work, Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Mata  

By Maria Ermilinda Hayon, Kamis, 19 Oktober 2023 | 15:05 WIB
Salah satu cara menjaga kesehatan mata disarankan dengan menjalankan pola 20-20-20 setiap harinya, setiap saat. (Istock)

NOVA.ID - Setelah terjun ke dunia kerja, biasanya kita dituntut untuk menghabiskan waktu delapan jam sehari, atau bahkan lebih.

Tuntutan ini tentu memiliki tingkat risiko yang tinggi terpapar sinar ultraviolet dan sinar biru.

Menyadari hal tersebut, Optik Melawai pun mengusung kampanye "Love Your Eyes at Work" sekaligus memperingati World Sight Day atau Hari Penglihatan Sedunia yang jatuh pada 12 Oktober 2023.

"Pada momen World Sight Day 2023 ini Optik Melawai ingin menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan mata selama bekerja,"

"Terutama dengan penggunaan perangkat digital dan paparan sinar UV yang mau tidak mau dihadapi, terutama oleh pekerja di Indonesia," kata Eddyanto Hadisurjo, Managing Director Optik Melawai.

Melalui kampanye tersebut, Optik Melawai mengajak masyarakat dengan apa pun pekerjaan dan profesinya, untuk tetap bisa mencintai mata dengan melakukan tindakan-tindakan preventif yang dapat menjaga kesehatan mata.

"Kami juga akan memberikan dukungan berupa cek mata gratis dan voucher untuk para pekerja yang membutuhkan bantuan alat penglihatan seperti kacamata untuk dapat membeli di optik kami yang tersedia di seluruh Indonesia," jelas Eddyanto Hadisurjo.

Selain menggunakan kacamata anti-sinar ultraviolet, anti-sinar biru, kacamata hitam, atau lensa kontak, menjaga kesehatan mata dilakukan dengan melakukan pemeriksaan mata secara berkala.

Bagi pekerja yang menghabiskan banyak waktu di depan gawai atau layar komputer, menjaga kesehatan mata disarankan dengan menjalankan pola 20-20-20.

Pola tersebut yakni membatasi melihat gawai atau layar komputer selama 20 menit, dan kemudian mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat objek yang berjarak 20 meter jauhnya.

Lebih lanjut, Optik Melawai memberi apresiasi pada tiga profesi berbeda yang dalam kesehariannya memerlukan kesadaran penuh menjaga kesehatan mata untuk menunjang pekerjaan sehari-hari.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Ekstrak Wortel dan Blueberry, Kaya Akan Vitamin!