Cosmetic Day 2023, Kemenperin dan Stylo Indonesia Upayakan Kosmetik Lokal Makin Fenomenal

By Tiur Kartikawati Renata Sari, Senin, 27 November 2023 | 11:17 WIB
Cosmetic Day 2023 (dok. Stylo Indonesia)

Artikel ini diperbarui pada Selasa, 28 November 2023, pukul 11:23

NOVA.id - Perkembangan industri kecantikan lokal Indonesia semakin membawa warna baru bagi para konsumen.

Hal ini juga diimbangi dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya merawat penampilan.

Banyak merek kosmetik lokal yang terpacu untuk memproduksi produk dengan teknologi dan tren kandungan terbaru yang sesuai kebutuhan masyarakat dengan cakupan yang lebih luas.

Seiring perkembangan zaman, produk kosmetik digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat, bahkan sudah tersedia produk kosmetik yang diformulasi secara khusus untuk bayi hingga laki-laki.

Sebagai salah satu sektor industri binaan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian, industri kosmetik di Indonesia memiliki potensi yang besar.

Hal ini dikarenakan ketersediaan sumber daya alam yang kaya akan tanaman herbal dan telah digunakan secara turun temurun untuk kesehatan dan produk kosmetik.

Memahami pentingnya hal ini, Kemenperin bekerjasama dengan Stylo Indonesia selaku media digital Fashion, Beauty dan Lifestyle Indonesia menggelar Acara Cosmetic Day 2023 yang berlangsung pada tanggal 24-26 November 2023 di Main Atrium Lantai 5 AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Di tahun ini, Cosmetic Day mengusung tajuk “Yang Lokal Semakin Fenomenal”.

Dirjen IKMA turut menyampaikan bahwa sejak tahun 2019 Kemenperin rutin menyelengarakan Acara Cosmetic Day sebagai salah satu agenda tahunannya.

Berbagai topik talkshow yang dilakukan di antaranya bertemakan tentang legalitas kosmetik, inovasi bahan kosmetik, kebijakan Wajib Halal 2026, tips branding usaha kosmetik, hingga wirausaha di bidang kosmetik juga tak kalah menarik untuk disimak.

Berikut beberapa highlight acara Cosmetic Day 2023 selama 3 hari.