Cosmetic Day 2023, Kemenperin dan Stylo Indonesia Upayakan Kosmetik Lokal Makin Fenomenal

By Tiur Kartikawati Renata Sari, Senin, 27 November 2023 | 11:17 WIB
Cosmetic Day 2023 (dok. Stylo Indonesia)

Artikel ini diperbarui pada Selasa, 28 November 2023, pukul 11:23

NOVA.id - Perkembangan industri kecantikan lokal Indonesia semakin membawa warna baru bagi para konsumen.

Hal ini juga diimbangi dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya merawat penampilan.

Banyak merek kosmetik lokal yang terpacu untuk memproduksi produk dengan teknologi dan tren kandungan terbaru yang sesuai kebutuhan masyarakat dengan cakupan yang lebih luas.

Seiring perkembangan zaman, produk kosmetik digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat, bahkan sudah tersedia produk kosmetik yang diformulasi secara khusus untuk bayi hingga laki-laki.

Sebagai salah satu sektor industri binaan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian, industri kosmetik di Indonesia memiliki potensi yang besar.

Hal ini dikarenakan ketersediaan sumber daya alam yang kaya akan tanaman herbal dan telah digunakan secara turun temurun untuk kesehatan dan produk kosmetik.

Memahami pentingnya hal ini, Kemenperin bekerjasama dengan Stylo Indonesia selaku media digital Fashion, Beauty dan Lifestyle Indonesia menggelar Acara Cosmetic Day 2023 yang berlangsung pada tanggal 24-26 November 2023 di Main Atrium Lantai 5 AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Di tahun ini, Cosmetic Day mengusung tajuk “Yang Lokal Semakin Fenomenal”.

Dirjen IKMA turut menyampaikan bahwa sejak tahun 2019 Kemenperin rutin menyelengarakan Acara Cosmetic Day sebagai salah satu agenda tahunannya.

Berbagai topik talkshow yang dilakukan di antaranya bertemakan tentang legalitas kosmetik, inovasi bahan kosmetik, kebijakan Wajib Halal 2026, tips branding usaha kosmetik, hingga wirausaha di bidang kosmetik juga tak kalah menarik untuk disimak.

Berikut beberapa highlight acara Cosmetic Day 2023 selama 3 hari.

Baca Juga: Female & Children Media Grid Network Gelar Fashion Date: Virtual Trunk Show Raya Collection 2022, Inspirasi Busana Hari Raya dari 8 Desainer Lokal

Hari Pertama

Opening Ceremony Cosmetic Day 2023 diresmikan langsung oleh Ir. Ni Nyoman Ambareny, M.Si selaku Plt. Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang dan Kerajinan Kementrian Perindustrian RI.

Menurut Ir. Ni Nyoman Ambareny, M.Si selaku Plt. Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang, dan Kerajinan Kemenperin RI, di opening Cosmetic Day 2023, acara ini diadakan khusus untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri kosmetik lokal.

“Cosmetic Day 2023 diharapkan dapat menjadi kesempatan bagi setiap pelaku industri kosmetik di Indonesia untuk memperluas pasarnya dan membangun jejaring baik dengan sesama pelaku industri maupun stakeholder terkait, serta dapat mendorong kecintaan masyarakat kepada produk-produk kosmetik nasional”, ungkapnya.

Selain itu pada hari pertama juga digelar Temu Bisnis Kementrian Perindustrian yang mempertemukan sejumlah pelaku bisnis di industri kosmetik lokal.

“Cosmetic Day 2023 menghadirkan rangkaian acara mulai dari Temu Bisnis untuk pelaku industri kosmetik, Beauty & Business Talkshow, Beauty Workshop, dan pameran produk kosmetik dari 20 IKM binaan Kementerian Perindustrian”, lanjut Ambar.

Di sisi lain, Head of Creative Program Cosmetic Day 2023 serta Founder & Head of Stylo Indonesia, Idho Nugroho, yang turut hadir pada acara tersebut menuturkan, “Mewakili Stylo Indonesia serta Grid Network – Kompas Gramedia, kami merasa bangga bisa berkolaborasi bersama Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian.”

Idho mengungkapkan, “Tentu saja kolaborasi ini sejalan dengan visi dan misi serta program UKM Fashionbeautypreneurship yang telah berjalan sejak tahun 2021 lalu yang dirintis oleh Stylo Indonesia. Cosmetic Day juga bersinergi dengan program Srikandi Untuk Negeri yang baru saja kami luncurkan di Juni 2023 lalu dengan fokus objek ialah para perempuan Indonesia di balik industri UKM.”

“Selaku kolaborator acara Cosmetic Day 2023, kami juga menggandeng berbagai stakeholder lainnya seperti menghadirkan perwakilan Putri Indonesia, menggandeng mahasiswa dari Program Studi Tata Rias, serta mengundang influencer beautypreneur inspiratif Indonesia yang telah berhasil membangun brand kosmetik lokal,” papar Idho.

Hari Kedua

Pada hari kedua diselenggarakan 4 talkshow dan kelas workshop yang menarik.

Baca Juga: Mengintip tentang StyloBebs Ambassador, Komunitas untuk Perempuan yang Tertarik di Bidang Fashion and Beauty

Pengunjung Cosmetic Day 2023 (Daru Guntur Y/Gustu Alfianto/Re Kusuma)

Pertama, ada Talkshow Inovasi Kosmetik: Bahan Lokal Aman Menjadi Pilihan Terkini, yang menghadirkan Drs. H. Jenih, M.M., Pembina Industri Ahli Madya Direktorat IA IKMKSK Ditjen IKMA Kemenperi RI., DRA. Mayagustina Andarini, M.Sc., Apt., Perwakilan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Nur Huda Arif Indiarto, Skin Care Scientist Paragon Corp.

Talkshow ini membahas soal bahan lokal aman yang harus menjadi pilihan terkini bagi pelaku bisnis kosmetik.

Terdapat pula edukasi bagi pencinta kosmetik agar lebih cermat memperhatikan bahan yang aman pada setiap produk yang akan digunakan.

Kedua, hadir pula Talkshow Masa Depan Kosmetik Lokal: Menuju Wajib Halal 2026.

Talkshow tersebut menghadirkan Anita Fajrin, S.T selaku Serinor Skincare Formulator ParagonCorp, Enny Santiastuti selaku Analisis Data PPIH Kemenperin RI dan Dr. H. ABD. Syakur, M.Si selaku Kepala Pusat Kerjasama dan Standarisasi Halal BPJH 2023.

Ketiga pembicara menghadirkan bahasan soal rencana pemerintah yang akan mewajibkan setiap brand untuk memproduksi kosmetik Halal di tahun 2026.

Termasuk membagikan tips memilih skincare yang wudhu friendly sehingga pengunjung yang hadir bisa lebih cermat untuk menggunakan skincare yang Halal.

Ketiga, talkshow dilanjutkan dengan tema Cantik Harus Aman: Legalitas di Dunia Kosmetik.

Di talkshow tersebut hadir Perwakilan BPOM, Henry Suhardja selaku Ketua DPD PPAK Banten dan Saradesy Sumardi S.H. Selaku Tim Bidang Industri Perkosmi.

Ketiga pembicara tersebut memberikan edukasi kepada pencinta kosmetik yang hadir untuk lebih teliti sebelum membeli produk di pasaran agar terhindar dari tertipu produk yang ilegal.

Termasuk membagikan cara melaporkan produk ilegal yang ditemukan pencinta kosmetik di pasaran.

Baca Juga: Kolaborasi, Daneen Skincare x Stylo Indonesia Hadirkan Produk Skincare untuk Pejuang Jerawat

Selanjutnya, hadir pula Beauty Workshop by Mustika Ratu: Unlocking The Innovative Power of Natural and Clean Makeup.

Beauty Workshop tersebut menghadirkan Lulu Zaharani selaku Puteri Indonesia Pariswisata 2023 dan Dini Herliyani selaku Marketing Mustika Ratu.

Terkahir, ada pula Talkshow Strategi Komunikasi Kreatif Membangun Branding Bisnis Kecantikan di Zaman Now!

Talkshow tersebut menghadirkan Luna Maya selaku Founder & CEO Nama Beauty, Enti Nurmayati Utami, S.Sn selaku Pembina Indusrti Ahli Muda Kementrian Perindustrian dan Idho Nugroho, M.I.Kom selaku founder & Head Editor Stylo Indonesia.

Talkshow bersama Luna Maya (Daru Guntur Y/Gustu Alfianto/Re Kusuma)

Di talkshow tersebut para pembicara membahasa soal bagaimana cara membangung branding dan bisnis kecantikan.

Hari kedua acara Cosmetic Day 2023 ditutup dengan Music Entertainment dari Ola Elannor Indonesian Idol Season 10 dan Dimansyah Indonesian Idol Season 12.

Hari Ketiga

Di hari terakhir Cosmetic Day 2023 hadir Talkshow Menciptakan Jagoan Wirausaha Kosmetik Lewat Pendidikan Tata Rias.

Talkshow tersebut menghadirkan Dr. Jenny Sista Siregar, M. Hum. selaku Dosen Tata Rias Universitas Negeri Jakarta dan Nada Afifah, S.Pd selaku Alumni Tata Rias Universitas Negeri Jakarta.

Kedua pembicara tersebut membahas bagaimana cara menciptakan wirausaha kosmetik lokal lewat pendidikan tata rias.

Beauty Workshop by ParagonCorp: Tips Makeup Korean Look dengan Pilihan Produk Lokal untuk Warna Kulit Indonesia di Cosmetic Day 2023, (26/11/23) (Daru Guntur Y/Gustu Alfianto/Re Kusuma)

Selanjutnya hadir pula Beauty Workshop by ParagonCorp: Tips Makeup Korean Look dengan Pilihan Produk Lokal untuk Warna Kulit Indonesia. Di momen tersebut pencinta makeup yang hadir diberikan inspirasi soal tren makeup korean look dengan menggunakan produk lokal yang cocok dengan kulit perempuan Indonesia.

Baca Juga: Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya Nusantara, Intip Keseruan Community Gathering Stylo Indonesia, CewekBanget.ID Bersama WBI Foundation

Closing Ceremony Cosmetic Day 2023, foto bersama Redaksi Stylo Indonesia dengan Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin RI Reni Yanita, Plt Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang, dan Kerajinan Kementerian Perindustrian Ni Nyoman Ambareny, Head of Fashion Beauty Grid Network and Founder Stylo Indonesia Ridho Nugroho besera Tim Redaksi Stylo Indonesia, dan Puteri Indonesia 2023 Farhana Nariswari di Closing Ceremony Cosmetic Day 2023 (Daru Guntur Y/Gustu Alfianto/Re Kusuma)

Ada pula IKM Product Showcase yang dibawakan oleh Cece Stylo dan mempromosikan 20 tenant di Cosmetic Day 2023 ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Grand Final Stylobebs Ambassador Batch 5 Terpilih 35 finalis dari ratusan pendafar StyloBebs Ambassador batch 5.

Di antaranya15 finalis dari daerah Jabodetabek turut mengikuti acara yang berlangsung di AEON Mall Tanjung Barat ini.

Selain itu, ada 2 finalis yang terpilih sebagai juara harapan StyloBebs Ambassador batch 5.

3 finalis lainnya terpilih sebagai juara utama StyloBebs Ambassador pada batch kali ini.

Nama Nadia Shafira Kurniawan akhirnya keluar sebagai juara pertama mewakili StyloBebs Ambassador batch 5.

Vivian Chandra menjadi juara kedua dan Cantika Choirunisa Mardian menang dengan juara ketiga.

Kemudian, digelar pula Cosmetic Day 2023 Choice untuk memberikan penghargaan bagi tenant terbaik yang ikut serta di ajang ini. Dan, acara ditutup dengan Closing Ceremony yang menghadirkan Ir. Reni Yanita, M.Si selaku Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka, Farhana Nariswari selaku Puteri Indonesia 2023 dan Idho Nugroho, M.I.Komselaku Founder & Head Editor Stylo Indonesia. (*)