Inspiratif! NOVA Bekerja Sama dengan Irresistible Bazaar Gelar Talkshow Obrolan Ibu Pintar Bahas Trik Pintar Atur Uang Merawat Tas Branded

By Maria Ermilinda Hayon, Senin, 4 Maret 2024 | 15:25 WIB
Talkshow Obrolan Ibu Pintar: "Style and Savings, Strategi Pintar Atur Uang Merawat Kemewahan", hasil kerjasama NOVA dengan Irresistible Bazaar. (ki-ka): Asry Sihombing, Jurnalis NOVA; Rista Zwestika, Certified Financial Planner; Diah Kusumawardani Wijayanti, Perempuan Inspiratif NOVA; Rena Ningtyas, (ADELINE/NOVA)

NOVA.id - Ada banyak alasan banyak orang membeli barang branded, baik untuk self reward, koleksi, hingga investasi.

Tapi apa pun alasannya, merawat barang mewah seperti tas branded perlu diperhatikan dan diatur perawatannya.

Jangan sampai tas mewah kesayangan kita kurang perawatan, atau juga kelebihan perawatan dan bikin boros.

Sebab bukan hanya berdampak pada kualitas tas branded kita, tapi juga pada arus keuangan yang kita miliki.

Nyatanya, penting untuk punya kemampuan mengatur uang dengan bijak agar kita bisa menyeimbangkan antara menikmati gaya hidup yang diinginkan, dengan memiliki keuangan yang stabil.

Luxury should last forever, tapi tentu kita tak mau terjebak dalam utang yang tidak sehat.

Memahami hal itu, bertepatan dengan perayaan HUT ke-36 NOVA, NOVA menghadirkan program Obrolan Ibu Pintar, berjudul "Style and Savings, Strategi Pintar Atur Uang Merawat Kemewahan", hasil kerja sama NOVA dengan Irresistible Bazaar.

Peserta talkshow Obrolan Ibu Pintar NOVA x Irresistible Bazaar tampak serius mengikuti acara. (ADELINE/NOVA)

Acara ini telah dilaksanakan pada Sabtu, 2 Maret 2024, pukul 14:00-15:30, di Irresistible Bazaar Senayan Park (Spark), Jakarta.

Serta diisi oleh para narasumber inspiratif, seperti Rista Zwestika, Certified Financial Planner., Rena Ningtyas, representative Irresistible Bazaar, dan Diah Kusumawardani Wijayanti, Perempuan Inspiratif NOVA.

Dibuka oleh Indira D. Saraswaty, Editor in Chief NOVA, acara yang diikuti oleh lebih dari 30 perempuan dari Komunitas Sahabat NOVA dan khalayak umum ini berlangsung meriah.

“Saya berterima kasih untuk kesetiaan Sahabat NOVA untuk semua dukungannya sampai NOVA 36 tahun. Terima kasih banyak juga pada Irresistible Bazaar, karena kita sudah kerja sama dari sangat lama,” kata Indira membuka sambutan.

Indira D. Saraswaty, Editor in Chief NOVA (ADELINE/NOVA)

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun Ke-36, NOVA Setia Menginspirasi Perempuan Indonesia Melalui Kampanye #PintarAturUang

Lebih lanjut, Indira juga menceritakan tentang pengalamannya memaknai kemewahan dan pentingnya merawat kemewahan.

“Belajar dari teman-teman Irresistible Bazaar, akhirnya NOVA juga tahu bahwa luxury atau kemewahan itu tidak selamanya hanya soal tas, baju, sepatu bermerek. Tapi ternyata luxury itu agak luas,” kata Indira.

“Kalau saya boleh cerita sedikit, sepatu saya ini umurnya 17 tahun. Ini bukan masalah harga tau apanya, tapi saya itu punya penyakit seperti skoliosis. Jadi ternyata buat saya (kalau soal sepatu) kemewahan itu comfort. Dia harus enak, dia harus bisa saya pakai berjam-jam. Sehingga nanti kalau harganya Rp500.000, Rp700.000, atau kalau sampai Rp1 juta atau Rp2 juta, ternyata bisa bertahan belasan tahun,” ungkapnya.

“Atau misalnya saya yang lain, kemewahan itu urusan warisan. Ini baju, baju ibu saya. Dia punya dari belasan tahun lalu juga. Ada cerita dia beli dengan sepupu-sepupunya. Bagi saya, jadinya ini bukan mewah karena merek atau harganya, tapi ini mewah karena ada cerita ibu saya,” lanjutnya.

Indira juga percaya bahwa setiap orang pasti memiliki bentuk kemewahannya masing-masing.

Bisa tas mewah seperti yang dijual di Irresistible Bazaar, atau hal lainnya, namun yang sama yakni semua kemewahan perlu dirawat dengan benar.

“Saya rasa buat kita masing-masing, kemewahan itu bisa macam-macam. Kalau misalnya di sini ada Irresistible Bazaar. Tapi saya yakin semua uang dan hal yang kita keluarkan, kalau kita rawat dengan baik-baik, itu bahkan kita bisa cerita atau kita wariskan ke anak-anak kita lagi," tandasnya.

Suasana talkshow makin semarak kala Rista Zwestika, Certified Financial Planner, membagikan lima tips pengaturan dana perawatan tas mewah.

Di antaranya, menghitung biaya tahunannya, menyisihkan dana secara berkala, memanfaatkan jasa profesional, menyimpan tas branded dengan benar, dan mencatat riwayat pemeliharaan tas.

Rista Zwestika, certified financial planner saat berbagi tips keuangan dalam acara Obrolan Ibu Pintar spesial HUT NOVA Ke-36 (ADELINE/NOVA)

Rista Zwestika mengibaratkan perawatan tas mewah ini sama seperti perawatan mobil yang setahun bisa dua kali, dan dananya harus disiapkan berkala.

"Perawatannya tuh sama kayak mobil, mobil kan per enam bulan jadi setahun dua kali. Nanti tinggal dihitung, kalau kita punya tas ini, kita punya tiga, ini perawatannya mau berapa kali, sekali dirawat berapa," terangnya.

Baca Juga: Jangan Gegabah Pakai Budget Rumah Tangga untuk Beli Tas Branded, Pertimbangkan Dahulu 3 Hal Ini!

Rista juga mengingatkan bahwa jangan sampai Sahabat NOVA yang sudah jadi ibu melupakan menyisihkan dana merawat tas, sehingga mengambil dana untuk keperluan lain.

Antusiasme peserta talkshow Obrolan Ibu Pintar NOVA x Irresistible Bazaar. (ADELINE/NOVA)

Senada dengan Rista, Rena Ningtyas, representative Irresistible Bazaar, juga mengatakan bahwa merawat barang mewah sangat diperlukan.

Jangan sampai setelah membeli di Irresistible Bazaar misalnya, lalu tak dipikirkan lagi perawatannya. Toh, saat ini ada banyak akses dan kemudahan untuk mendapatkan perawatan tas mewah seperti bag spa.

“Ada banyak banget cara untuk merawat tas kita, dari yang di pusat perbelanjaan atau yang online kita bisa liat di sosial media. Bag spa mana yang cocok, bahkan ada yang menyediakan jasa pick up ke rumah,” kata Rena Ningtyas.

Suasana talkshow pun makin hangat tatkala Diah Kusumawardani Wijayanti, Perempuan Inspiratif NOVA, membagikan kisah hidupnya yang bisa tertolong karena jualan tas branded tanpa sengaja, dan terus  menjadi perpanjangan tangan memberdayakan orang lain.

“Sepuluh tahun lalu saya wakil pemimpin redaksi lifestyle. Setelah itu, saya menjadi Founder Belantara Budaya Indonesia. Saat 3 tahun bikin yayasan, sebelumnya saya belum pernah morat-marit urusan keuangan. Saya pikir bikin yayasan itu gampang. Bikin program, sosial media campaign, orang datang. Ternyata gak mudah. Ini sekolah gratis aja mumetnya luar biasa,” cerita Diah dengan semangat.

Ia bahkan mengaku sampai terpuruk dan mendapat cemoohan, bahkan uang di rekeningnya kala itu habis, tabungannya hancur.

Diah Kusumawardani Wijayanti, Perempuan Inspiratif NOVA sedang berbagi cerita. (ADELINE/NOVA)

Namun di saat itu ia seakan menerima sapaan Tuhan dengan melihat anak-anak yang ia bina di yayasan semangat bersekolah. Bahkan ada ibu yang datang padanya dan mengucapkan terima kasih karena sudah mau membantu anak-anak termasuk anaknya yang menderita down syndrome.

“Dari sana mencoba bangkit, mau cari uang tapi bagaimana? Ada teman nyaranin untuk jual tas aja. Temanku ada yang mau beli tas branded second katanya. Saya baru, oh iya ya. Dulu kan enggak ada tuh outlet khusus jualan tas bekas, second branded bag kayak Irresistible Bazaar,” ungkapnya.

“Lalu mulai jualan, jual ke teman 4 tas. Pas dibayar, kaget kok banyak banget. Kayaknya dulu beli juga segitu deh. Kok, kenapa harganya 8 tahun aku pakai masih sama? Aku gak tawar lagi. Jadi tanpa aku sadari tas itu jadi investasi,” pungkasnya.

Kini Yayasan Belantara Budaya Indonesia, punya 20 sekolah tari tradisional gratis, siswanya 8.000 lebih, ada di Jakarta, Bandung, Bogor, Cirebon, NTT. Dan ada juga sekolah untuk penyandang disabilitas yang digagas Diah.

Baca Juga: 5 Tips Pintar Atur Uang untuk Perawatan Tas Branded Menurut Certified Financial Planner

Itulah sekilas keseruan acara Obrolan Ibu Pintar, berjudul "Style and Savings, Strategi Pintar Atur Uang Merawat Kemewahan", hasil kerja sama NOVA dengan Irresistible Bazaar.

Semuanya terbungkus lengkap dan menarik dalam cerita, motivasi, hingga tips dan trik mengatur keuangan yang efektif.

Sebagai media perempuan terpercaya, bagian dari Grid Network, Kompas Gramedia, NOVA terus menjadi sahabat yang memahami kebutuhan dan keinginan perempuan Indonesia, dari generasi ke generasi.

Melegenda dengan Tabloid NOVA, sekarang NOVA hadir di website NOVA.id, Instagram, Youtube, Facebook, Twitter, Tiktok, dan memperkuat jaringannya melalui Komunitas Sahabat NOVA.

Tepat pada 25 Februari 2024, NOVA merayakan ulang tahunnya yang ke-36.

Dalam perayaan ini NOVA berkomitmen untuk terus setia menginspirasi dan memberikan dukungan bagi perempuan Indonesia untuk terus berdaya, khususnya dalam keuangan.

Berdaya dalam finansial ini sudah menjadi fokus NOVA sejak akhir 2019 lewat kampanye "Pintar Atur Uang".

Tujuannya untuk meningkatkan dan menguatkan literasi keuangan perempuan Indonesia.

Simak terus informasi keseruan berbagai program NOVA tahun 2024 di berbagai platform media sosial NOVA, yaitu Instagram dan TikTok @tabloidnovaofficialYouTube NOVA, Twitter @officialnova_id, Facebook @NOVA.id dan website NOVA.id. (*)