7 Daftar Nomor Penting Selama Mudik, Ambulans hingga Polisi

By Tiur Kartikawati Renata Sari, Jumat, 5 April 2024 | 18:03 WIB
Daftar nomor telepon darurat selama liburan dan mudik Nataru (Freepik/rawpixel.com)

NOVA.id - Mudik lebaran tahun ini diprediksi akan semakin padat dari tahun sebelumnya.

Sebab, beberapa tahun lalu saat wabah Covid-19 muncul, masyarakat dilarang bepergian termasuk mudik.

Kini, Jasa Marga memprediksi proporsi kendaraan keluar wilayah Jabotabek saat arus mudik lebaran Idulfitri 2024 mayoritas akan menuju ke arah timur melalui tol trans Jawa sebanyak 52,2 persen.  

Jasa Marga juga memprediksi kendaraan yang menuju arah Barat atau Merak sekira 22,9 persen dan arah Selatan atau jalur Puncak 18,8 persen.

Kita perlu mempersiapkan banyak hal sebelum mudik lebaran. 

Mulai dari tiket mudik atau kendaraan pribadi, makanan dan minuman, obat-obatan, alat telekomunikasi, kebutuhan pribadi, dan sebagainya. 

Salah satunya adalah nomor telepon penting bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di saat mudik lebaran.

Seperti diketahui pihak kepolisian, TNI, Jasa Marga dan sejumlah instansi pemerintah ini juga telah membangun sejumlah posko mudik di sepanjang jalur mudik untuk membantu pemudik yang mengalami masalah di jalan serta mengamanakan arus mudik.

Seperti yang diungkapkan Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana yang mengungkap akan mengoptimalkan seluruh pelayanan mulai dari kesigapan petugas hingga seluruh armada operasional.

"Kami juga koordinasi intens dengan stakeholder lintas sektoral.

Pada periode mudik maupun balik lebaran tahun ini, Jasa Marga menyiapkan sejumlah upaya untuk meningkatkan layanan baik di sepanjang jalur maupun di gerbang tol, seperti penambahan sarana, peralatan, maupun petugas di lapangan," kata Lisye, Selasa (26/03). 

Baca Juga: Resep Gurame Asam Pedas Sajian Istimewa untuk Lebaran Bersama Keluarga