Inilah Cara Merawat Pakaian Bermaterial Bulu

By nova.id, Minggu, 11 Januari 2015 | 05:25 WIB
Inilah Cara Merawat Pakaian Bermaterial Bulu (nova.id)

Inilah Cara Merawat Pakaian Bermaterial Bulu (nova.id)
Inilah Cara Merawat Pakaian Bermaterial Bulu (nova.id)

"Foto: Getty Images "

Rupa-rupa model pakaian mulai dari coat, jaket, rok, kaus, hingga elemen pelengkap seperti syal, kini hadir dengan elemen bulu (fur) lembut yang hangat dan cocok untuk musim dingin. Namun, material satu ini memang membutuhkan trik khusus dalam pencucian, mengingat teksturnya yang bisa berubah kusut atau rontok jika tidak tepat penanganannya.

Perawatan Harian Pakaian Berbahan Bulu

1. Penyimpanan pakaian berbahan bulu, khususnya coat, sebaiknya digantung dalam gantungan baju yang lebar dan kokoh. Ini bertujuan untuk mempertahankan potongan pakaian di bagian bahu agar senantiasa rapi dan membingkai tubuh dengan sempurna.

2. Bila Anda memiliki pakaian dengan material bulu yang mengelilingi leher, pilih gantungan yang memiliki leher tinggi sehingga bulu-bulu tak terhimpit tangkai gantungan.

3. Dianjurkan untuk melilit scarf di sekeliling leher pakaian untuk menghindari keringat atau makeup yang meninggalkan bekas noda pada bulu.

4. Simpan pada tempat yang kering dan terang untuk menghindarkan bulu dari serangan serangga.

Harus Dihindari

1. Jangan menggantung pakaian bermaterial bulu pada kantong baju berbahan plastik tanpa lubang. Pasalnya, material ini membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk bernapas, agar tekstur bulu tidak kering atau patah-patah.

2. Meninggalkan aksesori tersemat pada material bulu terlalu lama bisa membuat bulu yang lembut jadi tergesek dan meninggalkan bekas.

3. Hindari pula terlalu lama mengenakan tas model backpack saat mengenakan pakaian dengan detail bulu di bagian pundak. Pasalnya, ini bisa menghimpit area yang berbulu dan meninggalkan bekas seperti area yang menipis atau bahkan rontok.