Usahakan Bayi Tak Terbangun Saat Tidur di Malam Hari!

By nova.id, Jumat, 13 Maret 2015 | 07:42 WIB
Usahakan Bayi Tak Terbangun Saat Tidur di Malam Hari (nova.id)

TabloidNova.com - Memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting bagi semua orang. Tak terkecuali untuk bayi.

Tidur bermanfaat agar pertumbuhan dan perkembangan bayi berjalan secara optimal. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kenyamanan tidur bayi, terutama di malam hari. Anda perlu menjaga agar bayi tidak terbangun dari tidurnya di malam hari.

Seperti yang disampaikan dokter anak yang juga konsultan tumbuh kembang, dr Rini Sekartini, "Tidur sangat penting untuk perkembangan bayi. Tetapi ada beberapa faktor yang membuat bayi terganggu tidurnya. Misalnya merasa lapar di malam hari sehingga bayi gelisah."

Faktor lainnya, lanjut Rini, adalah perubahan suhu dan lingkungan yang tidak nyaman. "Misalnya, akibat popoknya yang basah sehingga bayi merasa tak nyaman, lalu terbagun di tengah malam. Popok yang basah juga membuat kulit bayi jadi mudah iritasi sehingga tidurnya jadi tak nyenyak," papar Rini.

Lebih jauh Rini menyarankan, selain menjaga popok bayi tetap kering selama tidur di malam hari, usahakan suasana ruangan atau kamar tempat tidur bayi juga tetap dalam kondisi nyaman. Untuk itu, sesuaikan suhu ruang dan cahaya di dalam kamar, agar bayi mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Intan Y. Septiani